45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah

45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah - Indonesia adalah negara yang besar, negara yang terdiri dari ratusan ribu pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah di Indonesia juga memiliki kebudayaannya masing-masing sebagai identitas suatu daerah, suatu pulau, atau satu suku, yang belum tentu sama dengan daerah lainnya. Budaya atau adat yang ada di suatu daerah dapat dilihat dengan jelas dari mulai hal-hal kecil seperti pakaian adat yang digunakan, bahasa daerah dengan logatnya yang unik, ataupun dari rumah penduduknya. Uniknya di Indonesia, setiap provinsi memiliki rumah adat yang berbeda-beda, dan salah satu yang cukup terkenal adalah rumah joglo khas provinsi Jawa Tengah.

Dalam adat jawa, rumah joglo bukan hanya dipandang sebagai hunian saja. Lebih dari itu, rumah joglo adalah suatu simbol bagi masyarakat jawa. Di rumah joglo, setiap bagian rumah memiliki simbol dan arti seperti contohnya, kerangka rumah joglo atau yang biasa disebut dengan soko guru. Jika diamati ada empat pilar utama yang digunakan sebagai penyangga rumah. Pilar-pilar utama ini melambangkan empat arah mata angin yaitu barat, timur, utara, dan selatan.

Selain itu, sama seperti kebanyakan rumah adat lainnya di Indonesia, rumah joglo juga bisa dijadikan acuan untuk menakar status sosial seseorang. Meski diakui sebagai rumah adat khas Jawa Tengah, namun tidak semua masyarakat jawa memiliki desain rumah joglo. Rumah joglo biasanya hanya dimiliki oleh para priyayi atau keturunan bangsawan saja. Umumnya tampilan rumah joglo terlihat sederhana, namun kerumitan dalam bahan baku serta pembuatan menjadikan proses rumah joglo khas Jawa Tengah ini memakan banyak waktu juga biaya.

Bagian-Bagian Rumah Joglo

Jika bagian-bagian rumah joglo dibedah, maka rumah adat khas Jawa Tengah ini terdiri atas beberapa bagian yakni pendhopo, pringgitan, dan omah njero atau omah ndalem.

1.  Pendhopo
Pendhopo adalah suatu bagian rumah yang biasa digunakan untuk menerima tamu. Pendhopo ini letaknya di bagian depan rumah dan tidak memiliki dinding atau bersifat terbuka. Hal ini berkaitan dengan filosofi orang jawa yang selalu bersikap ramah, terbuka, dan tidak memilih-milih dalam menerima tamu. Pada umumnya pendhopo tidak diletakkan meja, atau kursi. Sebagai gantinya, lantai diberi tikar atau karpet untuk tamu yang datang. Ini bertujuan agar tamu yang datang dapat mengobrol dengan akrab, dan memiliki kesetaraan derajat antara pemilik rumah dan tamu.

2.  Pringgitan
Pringgitan adalah merupakan bagian dari ruang tengah yang umumnya digunakan sebagai tempat untuk menerima tamu yang memiliki hubungan dekat seperti saudara. Pringgitan adalah ruangan yang berada diantara pendhopo dan omah dalem. Dala acara-acara adat, priggitan digunakan sebagai tempat untuk pertunjukkan yang berhubungan dengan acara ruwatan untuk anak sukerta (anak yang dijadikan mangsa bathara kala, dewa raksasa dalam kepercayaan jawa)

3.  Omah Dalem
Omah dalem atau omah njero adalah ruang dimana keluarga biasanya bercengkrama dan merupakan ruang pribadi pemilik rumah. Dalam omah dalem terbagi menjadi beberapa ruangan atau bagian yaitu ruang keluarga dan beberapa kamar yang disebut dengan senthong. Pada masa lalu, kamar atau senthong hanya dibuat menjadi tiga kamar saja. Kamar pertama biasanya dijadikan sebagai kamar tidur atau tempat istirahat kaum laki-laki. Kamar kedua biasanya dibiarkan kosong namun tetap diisi tempat tidur, atau amben lengkap dengan perlengkapan tidur. Dan yang terakhir yaitu kamar ketiga yang digunakan sebagai tempat istirahat kaum perempuan. Kamar kedua atau kamar tengah biasanya disebut dengan krobongan yaitu tempat untuk menyimpan pusaka dan tempat pemujaan terhadap dewi sri. Senthong atau kronongan adalah tempat paling suci atau privat bagi penghuninya. Di dalam ndalem terdapat harta pusaka yang bermakna gaib serta padi hasil panen pertama yang disebut kranggasan.

Bagi anda yang tertarik untuk membuat rumah dengan desain tradisional atau klasik, anda bisa mencontek desain rumah joglo khas Jawa Tengah ini. Meski pun zaman dahulu desain rumah joglo khas Jawa Tengah ini hanya dimiliki para keluarga bangsawan, bukan berarti orang biasa tidak diperbolehkan untuk membuat rumah joglo atau meniru desainnya yang klasik dan elegan. Anda tertarik untuk membangun sebuah rumah dengan sentuhan tradisional rumah joglo? Berikut ini 45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah yang bisa anda contek!

Berkonsultasi Kepada Interior Desainer


konsultasi interior desain

Berkonsultasi mengenai desain rumah kepada interior desainer sebenarnya merupakan pilihan yang bijak, karena selain dapat memperoleh desain yang apik, juga dapat mengurangi biaya yang disebabkan oleh berbagai hal. Banyak orang berpikir bahwa mempekerjakan jasa interior desain dalam membangun rumah akan menguras biaya lebih banyak, pada kenyataannya justru sebaliknya. Interior desainer akan memberikan estimasi biaya yang dikeluarkan sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya yang disepakati sejak awal. Jadi tidak ada biaya tidak terduga, biaya kesalahan pembangunan, dan lain sebagainya. Interior desainer menjunjung tinggi profesionalitas jadi tidak ada salahnya mencoba bukan?

Kami dari desainrumahnya.com memberikan Anda solusi mengenai interior desain untuk rumah baik dari sisi gambar desain sampai dengan pembuatan rumah untuk wilayah jabodetabek dan bandung. Informasi lebih detail, silahkan menuju halaman berikut ini  ►►► Hire us


Gambar Contoh 45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah 


Sumber:  desainwow.com
rumah ada joglo, desain rumah joglo modern, model rumah joglo, arsitektur rumah joglo

Sumber: contohrumahsederhana.com

 Sumber: contohrumahsederhana.com

Sumber: hunianqu.com

 Sumber: koleksigambarrumahminimalis.blogspot.com
gambar rumah adat joglo
Sumber: gambarproperti.com

 Sumber: infobisnisproperti.com

 Sumber: modelrumah.co

Sumber: rumahantiq.wordpress.com

Sumber: desainrumah99.web.id

 Sumber: infotemple.blogspot.com

Sumber: rumahminimalismewah.com

 Sumber: desainrumahmini.com

 Sumber: baliheaven.com
45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah
Sumber: imajinasirumah.blogspot.com

 Sumber: infobisnisproperti.com

 Sumber: estatuariosoleado.blogspot.com

Sumber: rumahkecilminimalis.com

 Sumber: imajinasirumah.blogspot.com

 Sumber: wikimedia.org

Sumber: gambarrumahminimalis.org

Sumber: contohrumahsederhana.com

Sumber: koleksigambarrumahminimalis.blogspot.com

Sumber: koleksigambarrumahminimalis.blogspot.com


Sumber: tiperumahminimalis.info

Sumber: rumahkecilminimalis.com

Sumber: okeyhome.com

Sumber: anneahira.com

Sumber: pixgallarehd.com

Sumber: rumahminimalis2015.com

Sumber: anneahira.com

Sumber: infobisnisproperti.com

Sumber: infobisnisproperti.com

Sumber: tiperumah.com

Sumber: arsitek-arsitekrumah.com

Sumber: inforumahminimalis.com

Sumber: rumahm.com

Sumber: tiperumah.com

Sumber: setiadarma.org

Sumber: desainrumah.ninja

Sumber: rumahminimalismewah.com

Sumber: kotakitaku-tamanbambunusantara.blogspot.com

Sumber: julieinbali.wordpress.com

Sumber: gambarrumahideal.blogspot.com

Sumber: sigiarchitect.com

Lihat kan? desain rumah tradisional ternyata tidak selalu ketinggalan zaman. Dengan penataan yang tepat, rumah dengan desain tradisional juga bisa terlihat sangat bagus dan berbeda dari rumah lainnya. Semoga 45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah ini bisa membantu anda mewujudkan rumah impian anda!