Cara Menata Kamar Tidur Yang Sempit Agar Menjadi Lebih Luas

Cara Menata Kamar Tidur Yang Sempit Agar Menjadi Lebih Luas - Kamar yang sempit terkadang bisa menjadi sumber masalah dalam hari-hari anda. Ya, kebanyakan orang merasa lebih nyaman jika tinggal di dalam kamar yang luas, sehingga kita tidak akan merasa sesak atau kita bisa bebas menaruh semua barang atau furniture yang kita butuhkan di dalam kamar.


Sumber: ideaonline.co.id

Masalahnya, tidak semua orang seberuntung itu tinggal di rumah yang besar, plus mendapatkan kamar tidur yang luas. 

Lalu bagaimana jika kita hanya memiliki kamar yang kecil plus pengap? 

Tidak bisakah kamar pengap anda dibuat menjadi lebih nyaman?

Ya tidak bisalah! Orang ukurannya hanya segitu!

Jika ini jawaban anda, anda salah besar. Karena kamar tidur yang nyaman itu tidak harus selalu memiliki space yang besar. Memang sih kamar yang luas akan memudahkan anda untuk menaruh semua barang anda tanpa perlu repot atau kebingungan, namun bukan berarti kamar anda yang kecil tidak bisa menjadi lebih nyaman. 

Jika memugar atau merenovasi ruangan kamar anda menjadi lebih besar, tedengar tidak mungkin. Solusi lainnya yang bisa anda coba adalah dengan menata ulang kamar anda. Kebanyakan orang, tidak perduli seberapa besar kamar tidurnya terkadang masih salah dalam menata kamar tidurnya. Sehingga alih-alih kamar menjadi lebih nyaman, karena penataan yang salah, kamar yang seharusnya terasa nyaman menjadi sempit, sumpek dan membosankan. 

Namun ternyata, selain menata barang yang salah, ternyata ada beberapa kesalahan lain yang membuat kamar tidur sempit menjadi tidak nyaman. Seperti yang dilansir oleh properti.kompas.com, berikut ini daftar kesalahan dalam menata kamar tidur sempit!

Daftar Kesalahan Dalam Menata Kamar Tidur Sempit Yang Membuat Kamar Tidur Jadi Tidak Nyaman

1. Pembelian Perabot


Sumber: desainrumahnya.com

Hal pertama yang sebaiknya anda perhatikan adalah pembelian perabotan. Hindari membeli satu set perabotan bagi kamar tidur anda. Satu set tempat tidur, nighstand, lemari, kaca, dan sofa di ruang tidur akan membentuk keseragaman. Hal ini bukannya menjaga konsistensi di kamar tidur, justru membosankan. Jadi daripada membeli perabotan set, atau sekaligus ada baiknya anda meluangkan waktu untuk melihat-lihat dan mencari perabot atau furniture yang anda sukai. Karena kamar tidur adalah ruang dimana kita akan menghabiskan banyak waktu, ada baiknya kita mengisinya dengan perabotan yang kita sukai. 

2. Terlalu Banyak Memajang Bantal


Sumber: es.aliexpress.com

Kesalahan kedua adalah terlalu banyak membeli dan memajang bantal di kamar tidur. Ini merupakan kesalahan terbesar. Terlalu banyak pekerjaan untuk dilakukan dua kali sehari (memindahkan dan memajang kembali bantal), dan tampak berantakan.

3. Kurangnya Pencahayaan


Sumber: elitespringbedmattress.wordpress.com

Kesalahan ketiga adalah kurangnya pencahayaan. Kamar tidur memang tempat untuk beristirahat. Namun, anda juga seharusnya bisa membaca buku sebelum tidur, atau setelah bangun pagi di akhir minggu. Setidaknya, sediakan dua sumber cahaya di kamar tidur. Meletakkannya di kanan-kiri tempat tidur juga bukan ide yang buruk. Tambahkan pula lampu-lampu untuk kepentingan estetika. Jangan lupa, jika sudah berkeluarga, Anda bisa berinvestasi pada lampu baca. Tujuannya, jika pasangan sudah tidur, Anda masih bisa membaca dengan nyaman.

4. Sembarangan Membeli Kasur


Sumber: queengorden.blogspot.com

Kesalahan keempat adalah sembarang membeli kasur. Kasur memang mahal. Namun, coba hitung berapa kali anda membeli kasur sepanjang usia. Kasur berkualitas premium mungkin dibanderol dengan harga jutaan Rupiah. Namun, jika anda hanya membeli kasur setiap 30 tahun sekali, mengapa harus mengorbankan kenyamanan dan kesehatan anda dengan membeli kasur berkualitas rendah? Ingatlah bahwa kasur adalah sebuah investasi. Tidak hanya bagi kesehatan anda, namun juga tampilan kamar tidur.

5. Menempatkan Warna Yang Mencolok


Sumber: disinisaja.com

Kesalahan kelima adalah bereksperimen dengan warna-warna mencolok. Tanyakan pada diri anda sendiri. Mungkinkah anda beristirahat dengan nyaman jika dinding menggunakan warna-warna neon? Warna mencolok mungkin mampu tampil cantik dalam jumlah terbatas. Namun, ketika warna-warna tersebut menguasai kamar tidur, hasilnya belum tentu sebaik konsepnya.

6. Memajang Karya Seni Berukuran Janggal


Sumber: rumahdantoko.com

Kesalahan keenam adalah memajang karya seni dengan ukuran yang janggal di atas tempat tidur. Hindari menempatkan karya seni berukuran jauh lebih kecil dari tempat tidur. Ketidakseimbangan tersebut bisa merusak tampilan kamar tidur anda.

7. Terlalu Banyak Cahaya


Sumber: jasa.desainrumahtropis.com

Kesalahan ketujuh adalah terlalu banyak cahaya. Kekurangan maupun kelebihan akan mengganggu kegiatan anda di kamar tidur. Tidak ada salahnya berinvestasi pada dimmer agar anda bisa menyesuaikan lampu. Selain itu, pastikan juga sinar matahari tidak langsung "menusuk" mata setiap pagi. Manfaatkan teknologi sederhana, atau bahkan teknologi canggih untuk memastikan jendela memasukkan jumlah cahaya yang cukup agar tidak menyakitkan mata anda.

8. Memasukkan Semua Barang Elektronik


Sumber: idenahrumah.com

Kesalahan terakhir adalah memasukkan semua hiburan elektronik anda ke dalam kamar. Televisi, permainan (game), telepon genggam, tab, komputer, komputer jinjing, dan berbagai alat lainnya hanya akan menstimulasi otak anda. Padahal, kamar tidur adalah lokasi ideal untuk beristirahat. 
Jadi diantara daftar kesalahan di atas, ada berapa kesalahaan yang sudah anda lakukan sehingga kamar menjadi tidak nyaman. Jika ternyata anda sudah melakukan banyak kesalahan, yuk mulai perbaiki kamar anda dengan menta ulang agar menjadi lebih nyaman. Nah, agar anda tidak salah dalam menata, berikut ini beberapa tips menata kamar tidur sempit menjadi lebih luas seperti yang dilansir oleh wolipop.detik.com dibawah ini!

Cara Menata Kamar Tidur Yang Sempit Agar Menjadi Lebih Luas

1. Investasi Pada Furniture

Sumber: interiordesain.org

Jika ruangan tidak mencukupi untuk anda membeli banyak perabotan, maka berinvestasilah pada satu atau dua furnitur fungsional. Misalnya saja tempat tidur, pilih yang dilengkapi laci-laci di bagian bawahnya. Laci-laci tersebut bisa difungsikan untuk menaruh perlengkapan tidur seperti seprai, sarung bantal, selimut, juga pakaian. anda juga bisa menjadikannya tempat penyimpanan untuk koleksi buku, majalah, hingga pernak-pernik rumah yang jarang dipakai. Dengan begitu, anda tidak lagi membutuhkan lemari maupu rak buku berukuran besar.

2. Tata Secara Vertikal


Sumber: google.com
Tips Menata Kamar Tidur Sempit Menjadi Lebih Luas
Usahakan menyisakan lebih banyak ruang kosong pada lantai anda untuk kesan ruangan yang lebih lega. Jika tidak cukup banyak ruang lantai yang tersedia untuk menempatkan perabotan, gunakan dinding anda dengan menatanya secara vertikal. Ruangan yang kecil juga bisa dihiasi dengan berbagai aksesori yang digantung pada dinding. Misalnya rak-rak kecil, keranjang, lampu, pajangan atau tanaman hias. Menata perabotan rumah secara vertikal bisa sangat menghemat ruangan.

3. Tanaman Hidup


Sumber: citragardencity.com

Elemen alami, seperti tanaman hidup, bisa memberi efek menenangkan pada ruangan. 
Elemen hijau ini membangkitkan rasa positif dan relaksasi yang memberi rasa tenang serta nyaman meskipun berada di area yang sempit, sebab ruangan sempit cenderung meningkatkan level stres. Anda bisa menempatkan tanaman hidup di pojok ruangan, dekat meja atau jendela. 

4. Efek Ilusi


Sumber: olx.co.id

Anda bisa menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar pada kamar yang sempit. Pilihlah furnitur yang pendek dan horizontal, agar langit-langit kamar terlihat lebih tinggi. Anda juga bisa memasang tirai yang lebih tinggi dari bingkai jendela untuk memberikan efek ruangan yang juga lebih tinggi. Jika ingin menambahkan wallpaper, pilih motif garis-garis yang tipis dan jaraknya lebar. Motif garis vertikal, memberi efek ruangan lebih tinggi. Sedangkan motif garis horizontal memberi efek ruangan lebih lebar.
Mudah sekali bukan tips menata kamar tidur sempit menjadi lebih luas di atas? Anda bisa mencoba mengikuti tips di atas dan voilaa! Anda akan mendapati kamar anda menjadi lebih luas dan nyaman. Selain menjadi lebih nyaman, mendekorasi ulang kamar tidur anda juga akan menciptakan suasana baru dan menghilangkan kebosanan anda.
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Menata Kamar Tidur Yang Sempit Agar Menjadi Lebih Luas. Semoga bermanfaat!
Tertarik dengan inspirasi desain kami? Wujudkan desain minimalis impian Anda baik interior, exterior, maupun furniture dengan menghubungi tim desainrumahnya.com di ►►►Sini

Cara Menata Kamar Tidur Yang Sempit Agar Menjadi Lebih Luas | saya lia | 5
==================================================================================



Like Facebook Fanspage kami dan Follow Google plus kami yaa! (っ^▿^)っ





loading...
loading...