12 Cara Membuat Rak Dinding Minimalis dan Rak Buku Gantung

Sekarang ini memang lahan luas sudah semakin sempit sehingga hunian rumah menjadi semakin kecil. Ditambah lagi dengan harga yang semakin membumbung tinggi membuat Anda harus memikirkan sebuah strategi dalam mengatasi keterbatasan ruang dalam rumah Anda. Pada ruangan dengan ukuran yang ramping, sudah tentu Anda membutuhkan tempat penyim[anan yang tidak memakan tempat dengan berbagai strategi agar hunian terasa lebih lega dan lebih rapih. Salah satu alternatif yang dapat Anda pilih untuk tempat penyimpanan adalah rak dinding.

sumber: apartmenttheraphy.com

Rak dinding sendiri menurut kami merupakan salah satu alternatif yang sangat pas sebagai pengganti lemari. Tentu ruangan yang ramping akan semakin sesak dengan tambahan lemari bukan? Oleh karena itu sebaiknya Anda menggunakan rak dinding. Rak dinding biasanya sedap dipandang mata, berguna untuk meletakkan barang-barang Anda, serta mudah untuk mengakses barang-barang yang Anda letakkan. Karena rak dinding tidak seperti lemari yang memiliki kaki dibawahnya, maka ruang dibawah rak dinding dapat dimanfaatka untuk meletakkan barang lainnya seperti furniture, sofa, vas bunga, dan lain sebagainya.

Kegunaan Rak Dinding Sebagai Fungsional

Kegunaan rak dinding sendiri sangat beragam tergantung kebutuhan Anda. Sebagai contoh, rak dinding yang Anda letakkan di ruang kerja dapat dimanfaatkan untuk meletakkan buku-buku maupun dokumen Anda. Jika Anda meletakkannya di garasi, maka Anda dapat menggunakannya untuk menaruh perkakas maupun barang elektronik. Rak dinding di ruang tamu pun dapat digunakan sebagai dekorasi agar ruang tamu Anda tampak semakin manis.
Ada baiknya Anda memikirkan penempatan rak dinding yang akan dipasang karena rak dinding sebaiknya diletakkan di tempat uyang mudah dijangkau dan fungsional. Jika rak dinding tersebut nantinya digunakan untuk menyimpan benda-benda yang cukup berat maka sebaiknya gunakanlah konstruksi penopang yang cukup kuat. Konstruksi penopang yang cukup kuat ini agar benda-benda yang Anda letakkan diatasnya aman walaupun memiliki beban yang cukup berat.

Kegunaan Rak Dinding Sebagai Dekoratif

Apabila rak dinding Anda digunakan sebagai elemen dekoratif sebagai pemanis ruangan untuk meletakkan benda kesayangan maupun koleksi Anda, maka rak dinding material dan konstruksi penopang rak dinding Anda tidak cukup dengan bahan yang ringan saja namun juga diperlukan bahan yang indah untuk dipandang mata karena rak dinding akan digunakan sebagai unsur dekoratif. 
Rak dinding dekoratif sendiri sangat tepat bagi Anda yang memiliki anak balita, karena dengan adanya rak dinding dekoratif ini, benda-benda kesayangan Anda (khususnya barang pecah belah) dapat aman dari jangkauan tangan si kecil yang tentunya sangat berbahaya apabila jatuh maupun pecah.

Cara Membuat Rak Dinding Minimalis Sendiri

Disini kami akan mengumpulkan beberapa gallery rak dinding minimalis yang dibuat sendiri. Rak dinding tersebut tentu dipilih dengan selektif agar Anda dapat dengan mudah membuatnya. Beberapa ada yang kami dapatkan dari website disertai step by step, beberapa ada yang kami ambil dari youtube. Jadi, silahkan dipilih :
1. Leather Cord & Wood
sumber: apartmenttheraphy.com

Rak dinding minimalis yang Indah ini dapat Anda temukan di website => apartment Therapy

2. Rak Dinding Seventh House
sumber: thhouseontheleft.com/
Rak dinding yang satu ini terinpirasi oleh restoration hardware yang dibuat oleh blog seventh house on The left, Klik => seventh house on the left
3. Rak Dinding Honeycom Desain
sumber: abeautifulmess.com
 12 Cara Membuat Rak Dinding Minimalis dan Rak Buku Gantung
Rak dinding sarang madu ini dapat dilihat tutorialnya dari => A beautiful Mess
4. Rak Industrial Desain

sumber: www.beneathmyheart.net

Rak keren bergaya industrial ini dapat dilihat tutorialnya di => Beneath My Heart


5. Rak Dinding Bertema Jembatan

sumber: www.dezeen.com

Rak dinding bertemakan jembatan yang satu ini dibuat karena terinspirasi dari Outofstock Lihat cara pembuatannya di => Dezeen 

Video Cara Membuat Rak Dinding Minimalis

Kami juga mencari beberapa video yang sekiranya cukup bagus untuk mendapatkan rak dinding minimalis dan tentu saja akan terlihat lebih jelas karena step by step pembuatannya di videokan

1. Cara Membuat Rak Dinding Melayang oleh Mark Zielinski

 

2. Membuat Rak Dinding Oleh Allison Oropallo
 

 

3. Rak Dinding Mudah Oleh TheSorryGirls
 

 

4. Rak Dinding Hexagonal Oleh HGTV
 

 

 5. Rak Dinding Pojok Ruangan Oleh April
 

 

 6. Rak Dinding Laci Oleh MrDiyDork 

 7. Rak Dinding Oleh Mr. Kate 


Nah itu tadi beberapa tutorial yang kami dapat dari beberapa blog dan juga dari video youtube, semoga Anda menjadi terinspirasi dan bisa membuatnya sendiri di rumah.

Terimakasih telah membaca artikel 12 Cara Membuat Rak Dinding Minimalis dan Rak Buku Gantung, jangan lupa klik like, share di instagram, twitter, dan google plus.

Share this on:

Related Post