50 Desain Kandang Kelinci Yang Baik, Klasik, Sederhana, dan Fresh

50 Desain Kandang Kelinci Yang Baik, Klasik, Sederhana, dan Fresh - Kelinci, anda tentu mengenal baik hewan lucu satu ini, mengingat sangat mudah sekali menemukan hewan satu ini bahkan di daerah perkotaan karena kita bisa dengan mudah membelinya di toko hewan atau tukang kelinci yang banyak ditemukan di pinggir jalan.


Sumber: clarkfarmbusiness.com

Kelinci memang merupakan salah satu hewan yang banyak dijadikan peliharaan, selain anjing dan kucing. Bagaimana tidak, hewan satu ini sangat lucu dan jinak, sehingga cocok untuk dijadikan peliharaan, dan tidak berbahaya bagi anak-anak. Selain itu kelinci juga sangat mudah dirawat. Bahkan saat ini selain memelihara kelinci, banyak orang yang sengaja mengembangbiakkan kelinci untuk menuai keuntungan.

Meski kedengarannya masih tidak umum, tapi beternak kelinci terdengar sangat masuk akal, ditambah akan lebih murah dibandingkan beternak kambing atau sapi. Selain itu kelinci dapat dijual sebagai hewan peliharaan, saat ini banyak sekali restoran-restoran yang memasukkan olahan daging kelinci di daftar menu mereka, entah dibuat sate kelinci, atau sup daging kelinci.

Bagi anda yang tertarik memelihara kelinci atau beternak kelinci, anda perlu memperhatikan dan mempersiapkan beberapa hal salah satunya adalah kandang kelinci. Well, kandang adalah salah satu hal yang paling penting dalam memelihara hewan apa pun termasuk kelinci. Meski saat kita membeli kelinci, kita akan mendapatkan kandangnya juga tapi ada baiknya anda membuatkan kandang baru bagi si kelinci dan berikut ini seperti yang dilansir oleh infopeternakan.com, berikut ini tips membuat kandang kelinci yang baik!



Tips Membuat Kandang Kelinci Yang Baik


1. Bentuk Kandang


Sumber: kelinci3rabbitry.blogspot.com

Kandang dapat dibuat dengan bentuk bersusun, namun tepat dibawah kandang harus terdapat jarak sebagai tempat kotorannya nanti karena apabila tidak ada akan mengakibatkan kotoran kelinci diatasnya akan jatuh tepat pada kelinci dibawahnya dan itu akan berakibat berbagai hal seperti kelinci akan terkena bakteri jahat saat lembab, pada jarak kandang tersebut bisa dibuatkan tempat khusus untuk menampung kotoran sementara sebelum dipindahkan. Selain itu kandang juga harus terdapat sirkulasi udara yang cukup supaya kelinci nyaman berada didalamnya.
2. Ukuran Kandang

Sumber: family-rabbit.blogspot.com

Apabila kalian memiliki area yang cukup luas maka sebaiknya buatlah kandang yang lebar agar kelinci nyaman dan menghindari kelembapan, namun apabila area yang akan digunakan untuk kandang tidak luas maka bisa membuat kandang dengan luas yang minim, walaupun hal ini tidak baik untuk kelinci, namun walaupun minimum tetap harus diperhatikan ukuran lebarnya, paling tidak 4 kali ukuran besar kelinci.
3. Alas Kandang


Sumber: grahakelinci.blogspot.com

Alas kandang sebaiknya dibuat dengan bahan yang kuat supaya tidak bergoyang saat terinjak kelinci, selain itu apabila alas tersebut terdapat celah maka sebaiknya tidak terlalu lebar atau sempit karena untuk menghindarkan kelinci dari kejepit, dimasuki tikus dan yang lainnya. Alas juga sebaiknya bisa dicopot supaya mudah apabila akan membersihkannya.
4. Tinggi Kandang

Sumber: alwib.net

Untuk tingginya sendiri sebaiknya jangan terlalu pendek sebab salah satu kesehatan kelinci ditentukan saat seringnya berdiri, maka tinggi kandang bisa ditentukan dengan ukuran panjang kelinci yang akan ditaruh didalamnya, semisal kelinci dengan panjang 50 cm maka bisa dibuat kandang dengan kelinci 60 cm.
5. Jarak Kandang


Sumber: alwib.net

Jarak antara kandang dengan tanah diusahakan minimal 30 cm agar kelinci jauh dari kotoran sehingga dapat meminimalisir kelinci terserang bakteri yang bisa membuatnya sakit.
6. Penempatan Kandang


Sumber: ternakkelinci.net

Kandang bisa ditempatkan pada tempat teduh namun masih terjangkau sinar matahari, apalagi sinar matahari pada pagi hari sekitar pukul 6 sampai 8 yang sangat penting untuk kesehatan kelinci, jadi usahakan sinar matahari pagi dapat masuk dalam kandang.


Nah jika anda masih bingung dalam membuat kandang kelinci, berikut ini kami memiliki 50 Desain Kandang Kelinci Klassik, Sederhana, dan Fresh yang bisa anda jadikan refrensi dalam membuat kandang kelinci yang baik dan sesuai!


50 Desain Kandang Kelinci Yang Baik, Klasik, Sederhana, dan Fresh


Sumber: digigraphystudio.com

Sumber: pinterest.com

Sumber: blog.tokopedia.com

Sumber: samsclub.com

Sumber: betterhomegardening.com

Sumber: backyardchickens.com

Sumber: gardenwoodcraft.co.uk

Sumber: trom.smoothstones.net

Sumber: pinterest.com

Sumber: hunterdonmill.com

Sumber: flickr.com

Sumber: pinterest.com

Sumber: krolik-lama.ru

Sumber: rehutches.com

Sumber: rehutches.com 

Sumber: aae-ensimag.com

Sumber: lonny.com

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Sumber: overstock.com

Sumber: nicholaswskyles.com

Sumber: grit.com

Sumber: pinterest.com

Sumber: therabbithutchcompany.co.uk

Sumber: aae-ensimag.com

Sumber: pinterest.com

Sumber: hayneedle.com

Sumber: newagepet.net

Sumber: p-wholesale.com

Sumber: pinterest.com

Sumber: ryugakueigo.net

Sumber: crossroadsrabbitry.com

Sumber: giantchinchillarabbit.com

Sumber: reallancastercounty.com

Sumber: rabbits.ie

Sumber: clarkfarmbusiness.com
50 Desain Kandang Kelinci Yang Baik, Klasik, Sederhana, dan Fresh
Sumber: aae-ensimag.com

Sumber: hellenawork.blogspot.com

Sumber: zooplus.co.uk

Sumber: goodshomedesign.com

Sumber: aboutpetlife.com

Sumber: entretenimento.r7.com

Sumber: clarkfarmbusiness.com

Sumber: delightandinspire.com

Sumber: pinterest.com

Sumber: madebymood.com

Sumber: kosharimahana.blogspot.com

Sumber: goodhomedesign.com

Sumber: goodhomedesign.com

Sumber: goodhomedesign.com

Membuat kandang kelinci tidak harus bagus, atau mahal, pilihannya anda bisa membeli kandang kelinci yang mungkin tersedia di toko hewan. Tapi jika budget anda terbatas, membuat kandang kelinci bisa jadi pilihan yang baik. Anda bahkan bisa menggunakan bahan kayu bekas dalam membuat kandang seperti beberapa contoh desain dari 50 Desain Kandang Kelinci Yang Baik, Klasik, Sederhana, dan Fresh diatas. Dengan begitu anda tidak akan mengeluarkan budget terlalu banyak dalam membuat kandang kelinci bagi peliharaan anda. Oh selain kandang, jangan lupa juga untuk mempelajari semua hal mengenai perawatan kelinci, agar anda dapat merawat kelinci anda dengan baik!
Terima kasih sudah membaca 50 Desain Kandang Kelinci Yang Baik, Klasik, Sederhana, dan Fresh. Semoga bermanfaat! 
Tertarik dengan inspirasi desain kami? Wujudkan desain minimalis impian Anda baik interior, exterior, maupun furniture dengan menghubungi tim desainrumahnya.com di ►►►Sini

50 Desain Kandang Kelinci Yang Baik, Klasik, Sederhana, dan Fresh | saya lia | 5
==================================================================================



Like Facebook Fanspage kami dan Follow Google plus kami yaa! (っ^▿^)っ





loading...
loading...