50 Dekorasi Pernikahan Adat Jawa

50 Dekorasi Pernikahan Adat Jawa - Pernikahan adalah pengikraran janji suci dalam menyatukan dua orang, berlawanan jenis. Pernikahan sendiri adalah salah satu moment yang paling ditunggu oleh setiap manusia, terutama bagi mereka yang sudah dewasa, mampu namun belum juga dipertemukan dengan jodohnya.

Dan disaat akhirnya mereka bertemu dengan pasangannya, dan meresmikannya dalam ikatan pernikahan, maka hari tersebut akan jadi salah satu hari yang sangat membahagiakan. Untuk merayakan hari ini, hampir semua orang mengadakan sebuah pesta sehari dan tidak jarang diadakan secara besar-besaran dan mengundang banyak sekali orang untuk ikut berbahagia dengan mempelai pengantin.



Di setiap negara pesta pernikahan biasanya diselenggarakan dengan tema yang beragam. Di Indonesia sendiri, pesta pernikahan bisa menjadi satu ajang yang menarik, mengingat ini Indonesia dan memiliki banyak sekali suku, daerah, dan kebudayaan, tentu acara pernikahan diadakan dengan adat yang juga berbeda. Bahkan satu acara pernikahan di daerah jawa tentu akan sangat berbeda dengan tema pernikahan yang diadakan di daerah sumatra, sulawesi, bali bahkan papua. Semua pernikahan itu digelar dengan adat masing-masing pasangan.

Yang lebih menarik lagi, diluar tema tradisional yang biasanya menjadi pilihan, ada juga tema pesta pernikahan dengan konsep yang lebih modern. Jika anda dan pasangan adalah salah satu yang berbahagia dan sedang menyiapkan acara pernikahannya, seperti yang dilansir oleh suherlin.com, berikut ini 7 tema dekorasi pernikahan yang menjadi favorit yang bisa anda pilih untuk hari bahagia anda!

7 Tema Dekorasi Pernikahan Yang Menjadi Favorit

1. Tema Dekorasi Pernikahan Tradisional
Tema dekorasi pernikahan ini diturunkan oleh nenek-moyang terdahulu. Tema dekorasi pernikahan ini pun dipengaruhi oleh adat-istiadat daerah masing-masing. Karena tema dekorasi pernikahan ini sangat dipengaruhi oleh adat-istiadat setempat, maka terasa sekali kesakralannya dan juga terlihat megah. Dekorasi pernikahan tema tradisional ini biasanya didominasi unsur gemerlap seperti warna emas, perak dan warna-warna kuat lainnya

2. Tema Dekorasi Pernikahan Glamor
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) glamor artinya serba gemerlap. Ya tema dekorasi pernikahan ini memang penuh dengan kemewahan. Dekorasi pernikahan dengan tema glamor membutuhkan ruangan yang luas dan atap yang tinggi. Dipenuhi oleh bunga-bunga dari awal mula pintu masuk, longue hingga ke pojok-pojok ruangan. Tidak lupa pula detil-detil dan ornamen dekorasi dipasang kristal, sehingga memancarkan kesan glamor yang mewah dan megah

3. Tema Dekorasi Pernikahan Shabby Chic
Shabby Chic merupakan tema dekorasi pernikahan yang terlihat sangat romantis dan feminim. Kaum hawa mungkin akan sangat menyukai tema ini. Dekorasi pernikahan dengan tema ini identik dengan motif bunga, warna pink dan warna pastel yang menonjolkan unsur romantisme. 

4. Tema Dekorasi Pernikahan Rustic
Dekorasi pernikahan dengan tema rustic memiliki persamaan dengan dekorasi pernikahan dengan tema Shabby Chic. Mungkin dapat dibilang turunannya. Elemen dan warna yang dipakai sama, motif bunga dan warna-warna lembut seperti pink dan warna-warna pastel, sehingga tetap telihat romantis. Hanya saja tema ini lebih menonjolkan suasana country, vintage dan unsur kayu. 

5. Tema Dekorasi Pernikahan Klassik
Tema ini paling banyak digemari oleh para pengantin dan keluarga. Karena cocok untuk segala usia dan selera, serta tetap terlihat formal. Unsur klasik terpancar dari warna yang dipilih yaitu warna-warna dasar, pemilihan rangkaian dan jenis bunga serta venue yang dipakai. 

6. Tema Dekorasi Pernikahan Minimalis
Dekorasi pernikahan tema minimalis cocok buat acara yang diadakan di rumah sendiri yang tidak memiliki tempat yang luas. Karena tema ini hanya membutuhkan kursi pelaminan beserta kursi pendamping. Tiang-tiang dihias bunga secukupnya. 

7. Tema Dekorasi Pernikahan Tepi Pantai
Tema pantai sangat cocok untuk dekorasi pernikahan yang diadakan di daerah pantai. Tema ini didominasi warna biru laut. Bisa juga dengan warna-warna aqua. Daerah pantai yang memiliki udara cukup panas, sangat cocok jika ditambahkan es krim dalam menu hidangannya. 

Diantara 7 tema dekorasi pernikahan diatas, tema tradisional adalah salah satu tema pernikahan yang bisa digunakan. Dan untuk mereka yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, tema pernikahan biasanya merupakan antara tema tradisional dan tema modern. Namun, meski banyak juga yang memilih tema tradisional, masih banyak pasangan yang justru mengemas pesta pernikahannya dengan nuansa adat yang kental. Mulai dari busana yang dikenakan, musik, susunan acara, makanan hingga yang paling mencolok adalah dekorasi pernikahan tersebut.

Dan salah satu tema dekorasi pernikahan tradisional yang banyak diusung, dekorasi pernikahan dengan menggunakan adat jawa adalah salah satu yang paling banyak digunakan. Terutama jika anda atau pasangan berasal dari suku jawa, menggunakan adat jawa dalam pernikahan mungkin bisa jadi satu hal yang bisa anda coba. Namun jika anda bukan orang Jawa namun tertarik mengusung adat jawa, berikut ini 50 Dekorasi Pernikahan Adat Jawa yang bisa anda gunakan sebagai refrensi!

50 Dekorasi Pernikahan Adat Jawa

Meski saat ini ada banyak sekali tema dekorasi pernikahan yang menarik, mengusung tema dekorasi pernikahan adat jawa tetap bisa anda jadikan pilihan. Apalagi jika anda dan pasangan selama ini tinggal di kota besar dengan semua hal modern, mengusung tema pernikahan tradisional dalam hal ini adalah adat jawa, akan memberikan suasana tersendiri bagi anda dan pasangan, sehingga kelak saat mengingatnya lagi, anda akan merasakan suasana tersendiri yang tidak akan anda rasakan dua kali! Menarik bukan?
Terima kasih sudah membaca artikel 50 Dekorasi Pernikahan Adat Jawa. Semoga bermanfaat!