Cara Menghilangkan Kerak Di Kamar Mandi

Cara Menghilangkan Kerak Di Kamar Mandi - Kamar mandi yang kotor merupakan hal yang menjengkelkan. Bukan hanya itu, kamar mandi yang sudah terlalu kotor akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Parahnya, bau tersebut akan menyebar ke ruangan lain di dalam rumah dan membuat rumah jadi tidak nyaman dan bau.

Masalah lainnya adalah terletak pada suhu kamar mandi yang lebih dingin dan lembap dibandingkan ruangan lain, membuat kamar mandi juga rentan berlumut. Lumut akan tumbuh di lantai, sela-sela tembok, atau dimana pun. Jika dibiarkan, bukan hanya lumut yang akan muncul di kamar mandi anda, tapi juga kerak yang menempel di sela-sela kloset atau tembok kamar mandi.


Dibandingkan dengan lumut, kerak-kerak ini sangat sulit dihilangkan. Kerak ini biasanya disebabkan oleh tumpukan debu atau lumut yang terlalu banyak sehingga mengeras dan menimbulkan kerak berwarna kuning. Jika interior kamar mandi anda berwarna cerah maka, kerak kuning ini akan sangat terlihat jelas, dan membuat penampilan kamar mandi sangat tidak terawat dan menjijikan. 

Untuk menghilangkannya, anda perlu usaha yang sedikit keras agar kerak kuning ini bisa hilang. Tapi bukan berarti kerak kuning ini tidak bisa hilang guys, dan sebelum anda memutuskan untuk membersihkan kerak, baca tips menghilangkan kerak di kamar mandi seperti yang dilansir oleh lamudi.co.id dibawah ini!

Tips Menghilangkan Kerak Di Kamar Mandi


1. Gunakan Cuka
Dengan sifatnya yang asam, cuka dipercaya dapat mengikat kerak kuning yang membandel sehingga lebih mudah saat disikatnya. Caranya, tuangkan cuka secukupnya pada permukaan lantai diamkan selama 5 menit, lalu gosok dan siram dengan air hingga bersih. Atau untuk daerah kloset, semprotkan cuka dengan merata ke seluruh permukaan kloset. Kemudia diamkan selama 5 menit kemudian sikat atau gosok menggunakan spons. 

2. Gunakan Pemutih Pakaian
Pemutih pakaian pun dapat digunakan untuk melunturkan kerak kuning di bagian kloset. Semprotkan pemutihnya, tunggu hingga 5 menit, gosok dan siram dengan air. 

3. Gunakan Belimbing Wuluh
Ini cara yang paling alami dan aman. Gosok-gosok permukaan keramik dengan belimbing wuluh. Tunggu hingga 10 menit, kemudian sikat dan lap keramik dengan kain. 

Nah bagi anda yang ingin membersihkan kerak kuning selain menggunakan tips  diatas, biasanya orang akan berusaha membersihkan kerak kuning dengan cara mencongkelnya menggunakan benda logam. Tapi, hal ini hanya akan merusak permukaan kamar mandi di rumah anda. Dan daripada anda putus asa membersihkan kerak kuning ini dan malah menghancurkan kamar mandi anda, seperti yang dilansir oleh rumahsolusi99.blogspot.co.id, berikut ini Cara Menghilangkan Kerak Di Kamar Mandi!

Cara Menghilangkan Kerak Di Kamar Mandi


1. Menggunakan Amplas Anti Air
Untuk membersihkan kerak serta bercak putih yang ada di lantai keramik kamar mandi atau keloset kamar mandi, maka anda bisa menggunakan amplas dengan nomor 100 hingga 400. Agar tidak merusak lantai, silakan lakukan pembersihan dengan cara yang lembut. Jangan terlalu di tekan dan lakukan pengamplasan sambil menyiramnya engan air. Tentu saja, cara ini begitu ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan kimia sehingga aman bagi lantai kamar mandi anda.

2. Lakukan Pembersihan Secara Menyeluruh
Pembersihan yang anda lakukan, sebaiknya dilakukan secara teratur misalnya dua kali seminggu. Pembersihan yang dilakukan dengan intensitas waktu yang sering dan teratur, pada dasarnya akan memudahkan diri anda sendiri dalam membersihkannya karena kotoran dan kerak tidak terlalu sulit untuk dibersihkan. 

3. Menggunakan Cuka
Pada keramik kamar mandi yang kotor, anda bisa menggunakan cuka makan dengan takaran 70%. Tuang cuka dengan takaran tersebut tepat di atas permukaan keramik yang berkerak atau mempunyai bercak kotoran. Setelah itu, silakan tunggu selama kurang lebih 15 hingga 20 menit hingga larutan cuka benar-benar menyatu dengan lantai. Baru kemudian bersihkan atau gosok lantai dengan sikat. Bilas dengan air setelah menyikat. Kemudian jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan ketika anda membersihkan lantai dengan cuka agar menghindari berbagai macam baaya zat kimia.

4. Menggunakan Pasir Laut
Pasir laut ternyata kegunaannya tidak hanya sebatas penghias aquarium. Pasir laut merupakn salah satu komponen yang dapat digunakan untuk membersihkan kerak, bercak putih, ataupun lumut yang ada di keramik kamar mandi anda. Bagaimana cara menggunakan pasir laut ini? Silakan taburkan pasir laut tepat di atas keramik kamar mandi anda, kemudian sikat lantai keramik kamar mandi anda dengan cara menekannya agak kuat agar keramik bisa dibersihkan secara optimal. 

Nah bagi anda yang memiliki kamar mandi berkerak, anda bisa mencoba salah satu cara menghilangkan kerak di kamar mandi yang sudah dijelaskan diatas. Selain itu, untuk mencegah agar kerak tidak kembali, bersihkan kamar mandi secara rutin. Kamar mandi yang bersih, bukan hanya akan membuat anda merasa nyaman, tapi juga menjadi lebih aman saat digunakan.
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Menghilangkan Kerak Di Kamar Mandi. Semoga bermanfaat!