50 Rumah Minimalis Sederhana

50 Rumah Minimalis Sederhana – Memiliki rumah sendiri pasti menyenangkan. Selain anda memiliki hasil kerja keras anda secara fisik, memiliki rumah sendiri juga akan membuat anda merasa lebih nyaman dan secara tidak langsung mengajarkan anda untuk hidup lebih mandiri. 

Karena dengan memiliki rumah sendiri, anda juga akan belajar untuk mengatur hidup anda sendiri. Menentukkan berbagai hal sendiri dari mulai hal besar seperti menentukkan dekorasi rumah, membeli perabot, mengatur keuangan, hingga belajar menjaga kebersihan rumah anda tanpa bantuan siapa pun termasuk orang tua. 


Sedangkan bagi anda yang sudah menikah, memiliki rumah sendiri adalah hal yang sangat penting, karena tentu akan jauh lebih nyaman daripada tinggal bersama orang tua, apalagi jika anda menyewa rumah, anda harus mengeluarkan biaya besar setiap bulannya untuk membayar sewa, dan terkadang anda harus pindah dari satu rumah ke rumah lain, dan membongkar perabotan yang sudah ditata. Hal ini tentu sangat merepotkan dan jika difikir-fikir membuat pengeluaran anda lebih boros setiap bulannya.

Nah bagi anda yang ingin sekali membeli rumah namun tidak tahu cara tepat untuk mendapatkan rumah yang nyaman, seperti yang dilansir oleh rumah.com, berikut ini Tips Membeli Rumah Bagi Para Pemula!

Tips Membeli Rumah Bagi Para Pemula

1. Hal pertama yang harus anda perhatikan sebelum membeli rumah adalah menentukkan lokasi rumah. Bukan hanya memastikan lokasi rumah strategis dan mudah dijangkau, namun juga lokasinya aman dari bencana alam seperti banjir atau longsor, dan bila anda sudah berkeluarga dan memiliki anak, pastikan lokasi tersebut aman dari tindak kejahatan. Sebelum membeli anda bisa bertanya pada warga sekitar mengenai keamanan di daerah tersebut.

2. Bagi para pembeli yang baru pertama kali membeli rumah, anda harus menyiapkan dana untuk uang tanda jadi, uang muka dan angsuran. Selain itu, anda juga harus menyiapkan dana ekstra untuk mengurusi segala hal yang berhubungan dengan rumah baru seperti biaya notaris, biaya pajak, hingga biaya untuk menyiapkan berkas jika anda menggunakan bantuan KPR.

3. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming rumah murah dari pengembang, sebelum membeli sebaiknya anda mencari tahu dulu track record pengembang. Apakah kualitas bangunan yang dibuat bagus dan kokoh? Apakah mereka tepat waktu dalam serah terima, dan yang terpenting apakah pengembang tersebut tidak pernah tersangkut kasus penipuan. Ini penting karena banyak orang yang tertipu jutaan rupiah hanya karena salah pilih pengembang, dan tergiur iming-iming rumah murah. Sebelum membeli ada baiknya anda membaca testimoni para pembeli sebelumnya atau menanyakan pada para pembeli sebelumnya mengenai pengembang rumah.

4. Selain mencari tahu mengenai pengembang, cari tahu harga pasaran untuk rumah yang akan anda beli. Jangan mudah tergiur dan lakukan riset harga terlebih dahulu. Ini agar anda mendapatkan rumah dengan harga yang sesuai dan tidak kemahalan.

5. Setelah anda mengetahu track record pengembang, anda bisa mulai memikirkan type rumah yang anda beli. Pilih rumah yang bukan hanya berkualitas baik, kokoh, namun juga pilih rumah dengan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan anda. Misalnya, anda sudah berkeluarga, anda bisa membeli rumah minimalis sederhana type 36, atau 45. 

6. Bagi anda yang ingin membeli rumah, namun dana yang tersedia belum cukup, anda bisa menggunakan bantuan KPR yang saat ini ditawarkan oleh bank. Selain membantu, KPR juga akan membantu menawar lebih besar dan mengurangi resiko gagalnya pembelian karena masalah finansial.

7. Biasanya setelah memilih KPR, kita akan diberi pilihan tenor yaitu jangka waktu pembayaran. Biasanya tenor ini berkisar dari 5 sampai 30 tahun. Hindari memilih tenor dengan jangka pendek jika anda memiliki penghasilan yang terbatas. Jangan memaksakan diri dan pilih jangka waktu pembayaran yang sesuai dengan kemampuan anda.

8. Setelah urusan finansial beres, segera cek surat-surat pembelian tanah pengembang. Jika tidak, anda bisa bertanya pada notaris mengenai status tanah yang menjadi lokasi pembangunan rumah.

9. Last, tanyakan pada pengembang, kapan anda bisa mulai menempati rumah tersebut. Dan kalaupun terjadi keterlambatan konsekuensi apa yang akan diterima oleh pengembang.

Itu dia beberapa tips membeli rumah bagi para pemula. Memang cukup rumit, namun ini semua harus dilakukan untuk kebaikan anda. Kadang banyak pembeli yang merasa tertipu karena kuran teliti dalam membeli atau mengecek berbagai hal lainnya. Selain beberapa tips diatas, berikut ini 50 Rumah Minimalis Sederhana yang bisa jadi refrensi anda sebelum membeli!

50 Rumah Minimalis Sederhana

Itu dia 50 Rumah Minimalis Sederhana yang bisa jadi pilihan anda. Ingat pilih yang sesuai kebutuhan, dengan lokasi yang aman dan strategis, pastikan anda mengecek semua surat-surat pembelian dan yang terpenting pilih pengembang yang jujur dan profesional.

Share this on:

Related Post