50 Desain Rumah Kayu Unik

50 Desain Rumah Kayu Unik – Rumah kayu? Nah apa yang ada dikepala anda ketika dua kata ini diucapkan? Hutan? Tarzan? Sederhana? Alam?

Well, rumah kayu memang selalu identik dengan hutan, tarzan atau kesan yang sederhana. Maklum, dibeberapa tahun yang lalu, rumah jenis ini memang biasanya hanya ada dalam kisah-kisah film atau kartun dan selalu identik dengan hutan. Dan kalaupun ada biasanya rumah kayu hanya dibangun diatas pohon dengan ukuran yang kecil sebagai tempat untuk bermain anak, atau rumah kayu biasanya dibangun oleh mereka yang memiliki ekonomi bawah.


Namun hal-hal tersebut sudah tidak berlaku saat ini. Karena sudah banyak sekali orang yang memilih sebuah rumah kayu untuk hunian ‘serius’ untuk ditinggali bersama keluarga. But, jangan membayangkan sebuah rumah kayu kecil ala tarzan atau rumah kayu super sederhana ya, karena saat ini rumah kayu disulap jadi rumah dengan desain modern bahkan banyak yang menggunakan desain rumah kayu unik dengan sedikit sentuhan seni sehingga hasilnya rumah tampak unik, menarik dan beda dari yang lain.

Nah apakah anda tertarik membangun sebuah rumah kayu? Atau minimal menambahkan sentuhan kayu pada rumah anda? Jika iya, seperti yang dilansir oleh arsitektur.me, berikut ini 5 Keuntungan Menggunakan Arsitektur Kayu Untuk Bangunan!

5 Keuntungan Menggunakan Arsitektur Kayu Untuk Bangunan

1. Keuntungan pertama adalah, kayu memiliki kemampuan untuk menghalangi udara yang masuk. Sehingga saat udara panas, rumah anda akan tetap dingin dan sejuk. Sedangkan saat udara dingin, suhu dirumah anda akan tetap hangat.

2. Konstruksi kayu juga lebih hemat dari segi waktu maupun tenaga kerja. Bila dibandingkan dengan batu bata atau beton, pemasangan pada konstruksi kau juga lebih mudah, sekalipun hujan lebat, pemasangan kayu akan tetap berjalan tanpa hambatan.

3. Bangunan kayu lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan beton atau batu bata. Struktur kayu dapat menyerap CO2. Namun tentu saja anda harus menggunakan kayu yang memang untuk bangunan dan bukan kayu yang diambil secara ilegal. Dan akan lebih baik lagi jika anda menggunakan kau lokal karena lebih hemat.

4. Ada banyak jenis kayu yang bisa anda gunakan. Tentu saja pilih jenis kayu yang sesuai dengan kebutuhan, warna dan penampilannya. Ada kayu yang idela untuk plafon, struktur rangka, dinding, hingga perabotan. Dan kayu bisa difinishing dengan beragam cara seperti dipotong, diukir, dilem atau ditumpuk.

5. Kayu juga termasuk bahan bangunan yang lentur dan tahan lama dibandingkan dengan batu bata. Batu bata akan lebih mudah retak jika mengalami pergeseran kecil, sedangkan kayu akan tetap seperti kondisi aslinya.


Nah itu dia beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan jika menggunakan arsitekstur kayu. Selain beberapa keuntungan diatas, rumah kayu juga akan terlihat lebih menarik dibandingkan dengan rumah dinding batu bata. Bagi anda yang tertarik membangun rumah kayu, berikut ini 50 Desain Rumah Kayu Unik!

50 Desain Rumah Kayu Unik

Dari 50 Desain Rumah Kayu Unik diatas, anda bisa memilih salah satu desain yang anda sukai. Dengan desain yang unik rumah anda akan tampak “mencuat” diantara rumah yang lain. Belum lagi arsitektur kayu yang dominan membuat suasana rumah akan jadi lebih sejuk dan nyaman. Jika anda memiliki halaman, anda bisa menanamnya dengan berbagai tanaman agar rumah jadi makin sejuk dan indah. Semoga bermanfaat!

Share this on:

Related Post