Tips Cara Menjual Rumah Agar Cepat Laku

Tips Cara Menjual Rumah Agar Cepat Laku - Menjual rumah mungkin terdengar seperti sebuah perkara yang mudah diselesaikan. Memasang iklan, bertemu peminat, tentukan harga, dan deal rumah sudah terjual. Meski kedengarannya begitu mudah, menjual rumah tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tidak ada batasan waktu kapan rumah itu akan laku terjual, apakah memakan waktu yang cepat atau bahkan memakan waktu yang lama. Mungkin anda berfikir, rumah yang cepat terjual adalah rumah yang bagus dan besar, tapi menjual rumah tidak bisa diukur dengan besar atau seberapa bagusnya rumah tersebut. Terkadang rumah yang bagus bahkan mewah pun membutuhkan waktu cukup lama bahkan membutuhkan waktu bertahun-tahun hingga akhirnya rumah tersebut bisa terjual dengan harga yang sesuai dengan keinginan. 

Sumber: premiummortgage.com

Selain waktu yang tidak menentu, masalah harga biasanya menjadi masalah utama antara penjual rumah dan pembeli. Terkadang penjual memasang harga yang menurutnya sesuai karena beberapa hal seperti lokasi rumah strategis, atau bangunan yang masih bagus namun meski begitu, beberapa pembeli merasa harga yang ditawarkan terlalu mahal dan tidak sesuai dengan biaya yang dimilikinya. Selain beberapa masalah tersebut, masih banyak lagi kendala dalam menjual rumah. 

Bagi anda yang saat ini sedang berencana menjual rumah, anda tentu tidak ingin masalah-masalah ini terjadi pada anda bukan? Untuk itu, sebaiknya sebelum memutuskan menjual rumah, anda membaca beberapa tips cara menjual rumah agar cepat laku yang dilansir oleh accsoleh.wordpress.com dibawah ini.
25 Desain Ruang Kantor Modern dan Minimalis

Tips Cara Menjual Rumah Agar Cepat Laku

1. Tentukan Harga Rumah
Tentukan harga rumah yang sesuai dengan harga pasaran dimana lokasi rumah anda berada. ntuMeski pun begitu, bila anda merasa rumah anda memiliki banyak kelebihan anda bisa saja menekan harga yang sedikit di atas pasaran. Misalnya bila rumah anda berada di lokasi strategis atau ramai, dekat fasilitas umum, akses jalan mudah, view yang bagus, atau lingkungan yang nyaman dan sebagainya.

2. Lakukan Renovasi
Lakukanlah renovasi sebelum anda menjual rumah, renovasi dalam hal ini bukanlah renovasi yang besar, cukup renovasi yang ringan sehingga tidak mengeluarkan banyak biaya. Hal yang perlu dilakukan adalah cukup dengan membersihkan rumah, merapikan rumah, dan melakukan pengecatan ulang pada dinding rumah. Sehingga rumah terlihat menarik, bersih, dan siap untuk ditempati. Karena rata-rata pembeli menginginkan rumah yang sudah siap pakai dan tidak mau repot-repot merenovasi.

3. Tawarkan Pada Orang Terdekat
Sebelum anda menjual rumah atau membayar jasa iklan untuk penjualan rumah, tidak ada salahnya untuk menawarkan rumah anda pada orang-orang terdekat seperti saudara atau orang-orang yang berada disekitar lingkungan rumah anda seperti tetangga. Siapa tau mereka memiliki niat untuk membeli sebuah rumah namun belum menemukan rumah yang cocok.

4. Cari Agen Profesional
Cari agen profesional untuk bekerja sama dalam hal memasarkan rumah anda, karena biasanya para agen properti atau broker sudah mempunyai chanel yang banyak. Dengan begitu, rumah yang akan anda jual dapat mereka promosikan ke setiap chanel yang mereka miliki untuk mendapatkan calon pembeli.

5. Gunakanlah Internet
Selain menggunakan jasa agen rumah profesional, anda juga bisa memanfaatkan internet sebagai sarana untuk menjual rumah anda. Anda bisa membuat website atau blog khusus untuk jual beli rumah, gunakan juga social media seperti twitter, facebook, atau instagram. Atau anda juga bisa memasang iklan pada sebuah website properti yang sudah memiliki banyak pengunjung.

6. Pasang Papan Pengumuman
Pasang papan pengumuman di depan rumah seperti spanduk kecil bertuliskan "RUMAH DIJUAL" dan jangan lupa sertakan juga beberapa informasi penting mengenai rumah tersebut seperti luas tanah, luas bangunan, dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Gunakan warna yang mencolok agar bisa menarik perhatian orang yang lewat. Siapa tahu, salah satu dari mereka tertarik dengan rumah anda kan?

7. Gunakan Surat Kabar
Selain internet, anda juga bisa memanfaatkan surat kabar untuk memasang iklan penjualan rumah. Atau anda juga memasang iklan pada sebuah majalah properti yang memiliki banyak pembaca. 

8. Berikan Hadiah Atau Bonus
Agar semakin menarik minat pembeli, anda bisa memberikan hadiah atau bonus kepada pembeli. Bonusnya sendiri bisa berupa tambahan perabotan rumah, atau barang lainnya yang bisa menarik perhatian pembeli.

9. Buatlah Foto Yang Menarik
Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan jasa iklan pada internet, koran, majalah, atau jasa agen, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah membuat foto rumah anda. Buatlah foto-foto rumah tersebut sebagus mungkin dengan sudut pandang yang baik sehingga rumah terlihat bagus. 

Mudah sekali bukan menerapkan tips cara menjual rumah agar cepat laku di atas? Bagi anda yang sedang merencanakan untuk menjual rumah, 9 tips tadi dapat anda lakukan agar rumah anda cepat laku. Jadi tunggu apa lagi? Coba 9 tips diatas sekarang juga! 
Terima kasih sudah membaca artikel Tips Cara Menjual Rumah Agar Cepat Laku, semoga bermanfaat bagi anda!