50 Desain Rumah Kayu Jepang

50 Desain Rumah Kayu Jepang - Jepang menjadi salah satu negara di Asia yang masih kental dengan berbagai budaya aslinya. Dan meski negara ini termasuk ke dalam daftar negara yang sudah sangat maju dan modern, namun di sisi lain jika anda berkunjung ke Jepang maka kemungkinan besar anda masih akan menemukan berbagai budaya asli.

Kebudayaan itu bisa dilihat dari berbagai upacara tradisional, pakaian khas, berbagai tradisi, hingga hal-hal yang paling umum adalah bentuk rumah-rumah jepang yang unik. Jepang memang sudah modern, di ibu kota seperti Tokyo, kebanyakan peduduk tinggal di apartemen dan sebagian tinggal dirumah dengan desain modern. Namun bukan berarti anda juga tidak bisa menemukan berbagai rumah tradisional khas Jepang yang disebut Minka.



Rumah tradisional Jepang sendiri atau yang disebut Minka biasanya terdiri dari ruang utama yang disebut Washitsu. Washitsu ini selain merupakan ruang utama juga seringkali menjadi ruang serbaguna, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, hingga jadi tempat belajar. Simpelnya setiap rumah di Jepang terdiri dari beberapa Washitsu yang dijadikan kamar tidur. Washitsu ini biasanya dihubungkan dengan roka, atau lorong dengan lantai kayu. Untuk dinding biasanya rumah tradisional Jepang lebih suka menggunakan sekat yang dinamakan fusuma dan shoji. Lalu ada Genka yaitu tempat orang Jepang melepas sepatunya, dan menyimpannya di dalam rak. Genka ini biasanya berada di bagian paling depan rumah. 

Bagi anda yang merupakan penggemar berbagai kebudayaan Jepang, namun belum pernah sekali pun mengunjungi negara ini. Anda pasti tidak akan kesulitan membayangkan bentuk rupa Minka atau rumah khas Jepang, karena di berbagai kartun seperti Doraemon, atau Naruto anda bisa dengan mudah para karakter manga itu tinggal di rumah-rumah tradisional.

Nah jika anda tertarik untuk membangun rumah dengan adaptasi rumah tradisional Jepang, anda mungkin akan sulit untuk meniru seratus persen, namun anda tetap bisa lho menambahkan beberapa hal kecil pada rumah anda dan membuatnya jadi terasa seperti rumah tradisional Jepang. Dan seperti yang dilansir oleh rooang.com, berikut ini 10 Tips Menciptakan Interior Rumah Gaya Jepang yang bisa anda ikuti!

10 Tips Menciptakan Interior Rumah Gaya Jepang


1. Tambahkan Elemen Alam
Cara terbaik untuk menciptakan hubungan yang kuat dengan alam ialah: bawa suasana alam ke dalam rumah! Coba tambahkan tanaman tradisional Jepang seperti bonsai dan bambu ke rumah anda. Tambahkan tanaman-tanaman lain pula. Anda bisa mencoba palem atau anggrek. Tidak biasa bagi rumah Jepang untuk meletakkan bunga-bunga berwarna-warni, jadi, apapun tanaman yang anda pilih, pilihlah yang sederhana, alami, dan hijau. Rumah Jepang juga memiliki jendela yang besar yang dapat memasukkan pemandangan alam dari segala sisi. Seperti kamar tidur di bawah ini, memiliki pintu kaca geser yang menciptakan view alami.

2. Bak Mandi Berendam
Suara alami dari buih air bisa membuat telinga anda bermeditasi dan menciptakan efek menenangkan. Seperti tanaman, elemen air sangat penting pada rumah Jepang. Ofuro, yang artinya mandi dalam Bahasa Jepang, adalah tradisi yang bisa anda terapkan di rumah. Bak mandi di Jepang yang kecil namun dalam dan biasanya memiliki kursi untuk duduk. Cara ini adalah perpaduan Timur dan Barat dan menciptakan suasana spa di rumah anda.

3. Pintu atau Screen Geser
Screen asli Jepang disebut Shoji. Shoji adalah elemen desain yang penting pada rumah Jepang. Karena harga rumah yang mahal, rumah Jepang cenderung kecil dan banyak penduduk yang menyewa apartemen, jadi, melestarikan setiap inci persedi pada ruang adalah penting. Tak seperti pintu, Shoji bergeser sehingga menghemat ruang. Screen ini biasanya dibuat dari kertas transparan pada kusen kayu. Namun, versi modern dari screen ini sudah bisa ditemukan onlinedan biasanya dibuat dari panel kaca di dalam grid kayu. Tak seperti pintu biasa, screen ini tidak menghalangi cahaya alami dan pemandangan. Coba ganti pintu anda dengan panel pintu kaca geser.

4. Elemen Kayu atau Bambu
Salah satu cara untuk menciptakan harmoni dengan alam adalah menambahkan elemen kayu pada rumah. Kebudayaan Jepang sangat terkenal dengan menggunakan kayu pada rumah. Dinding, pintu, screen grids dan kusen dibuat dari kayu alam. Kayu yang biasa digunakan di Barat ialah maple, cypress, hemlock, dan red pine. Bambu juga dapat digunakan sebagai elemen dekoratif. Tekstur kayu juga dapat dilihat di berbagai bagian pada rumah Jepang. Coba bawa elemen kayu Jepang ke rumah anda dengan menambahkan lantai bambu atau screen kayu

5. Pintu Masuk
Pintu masuk ini di Jepang disebut genkan.  Ini adalah area untuk menyambut tamu dan meletakkan sepatu lalu menggantinya dengan sandal. Pintu masuk memiliki rak atau cabinet yang disebut getabako untuk menyimpan sepatu. Coba perhatikan, pintu masuk ini didesain dengan sederhana, dengan elemen kayu, dan pencahayaan alami. Lantai batu juga sangat populer, khusunya pada pintu masuk. Coba tiru kebersihan pintu masuk rumah Jepang.

6. Furniture Gaya Jepang
Rumah Jepang menggunakan furnitur untuk kegunaan tertentu seperti ruang duduk/ruang TV, yang masih dapat kita tiru. Furnitur Jepang, kebanyakan berada di level lantai.

7. Prinsip Desain Jepang: Minimalis
Prinsip desain Jepang adalah bersih dan minimalis. Bagaimana cara mendapatkan desain yang estetis namun masih memiliki banyak furnitur? Triknya adalah buat desain sederhana dan rapi. Furnitur seharusnya modern, rapi, dan terbuat dari kayu alami. Pencahayaan bersudut dan modern. Atau anda dapat meniru gaya lentera Jepang. Semua harus punya kegunaan dan tempat. Coba pelajari Feng Shui untuk desain interior yang minimalis.

8. Ruang Luar dan Pencahayaan Alami
Pencahayaan alami memenuhi rumah-rumah Jepang, membawa pemandangan yang tenang dan warna-warna alam. Bagaimana cara menerangi rumah? Jendela dan ventilasi lebar seperti skylight, adalah cara yang baik untuk memasukkan cahaya di rumah anda. Tirai yang berat tidak disarankan. Coba buat jendela tanpa penghalang apapun. Namun, anda bisa membuat kisi-kisi bambu. Pencahayaan alami, adalah cara yang tepat untuk menerangi rumah anda

9. Warna-Warna Alam
Rumah Jepang mengadopsi warna-warna alam sederhana. Warna yang mendominasi adalah warna kayu dan tanaman. Lantai kayu atau abu-abu, dan dinding digantikan oleh screen yang dibungkus kertas transparan. Hasilnya, palet warna yang sangat netral. Jangan lupa letakkan tanaman-tanaman. Kesederhanaan adalah kunci dari memilih palet warna. Lihat ke luar rumah, warna alam apa yang dapat anda masukkan ke rumah anda.

10. Ruang Meditasi
Mari membuat ruang yang tenang untuk bermeditasi, minum teh, atau melakukan yoga. Cari tempat tenang di rumah anda dan jangan lupa tambahkan elemen alam, supaya menyembunyikan kebisingan yang mengganggu. Cat rumah anda dengan warna hijau atau coklat, tambahkan tanaman, mainkan musik menenangkan dan ya, anda telah memiliki ruang Zen.

Salah satu hal yang sangat menonjol di rumah tradisional Jepang adalah materialnya utama bangunanya yang berupa kayu. Bahkan bisa dibilang hampir semua bagian rumah plus perabotnya masih berhubungan dari kayu. Baik dari dindingnya, lantainya, sekat rumah hingga matras yang terbuat dari jerami. Untuk anda yang sedang membangun rumah, dan sangat menyukai desain minimalis dan berhubungan dengan alam, akan menjai ide yang sangat bagus jika anda mengadopsi desain rumah kayu Jepang ini. Dan agar anda memiliki gambaran lengkapnya, berikut ini 50 Desain Rumah Kayu Jepang yang bisa anda jadikan refrensi dalam membangun rumah!

50 Desain Rumah Kayu Jepang


Mungkin anda akan berfikir, rumah kayu akan terdengar aneh jika dibangun i tanah perkotaan. Banyak juga orang yang beranggapan bahwa rumah kayu itu identik dengan nuansa sangat sederhana. Namun, sepertinya anggapan itu tidak lagi berlaku jika kita melihat rumah kayu Jepang, yang meski sebagian atau hampir semua terbuat dari kayu, namun terlihat sangat modern dan unik. Apalagi jika anda melengkapi rumah anda dengan taman kecil, dapat dipastikan suasana rumah akan terasa lebih tenang dan adem.
Terima kasih sudah membaca artikel 50 Desain Rumah Kayu Jepang. Semoga bermanfaat!