50 Desain Rumah Kayu Jepang

50 Desain Rumah Kayu Jepang – Jepang pasti bukanlah negara yang asing bagi kita orang Indonesia bukan?

Selain karena Indonesia memiliki sejarah ‘bersama’ Jepang, negara yang memiliki julukan sebagai Negri Matahari Terbit ini juga memiliki banyak hal yang menarik. Mulai dari teknologinya yang canggih bahkan kadang terdengar aneh, tokoh-tokoh animenya yang populer, makanannya yang juga banyak disukai di Indonesia, hingga kebudayaannya yang tidak ada habis-habisnya.


Yup budaya! Sama seperti di negara kita, Jepang juga memiliki beragam kebudayaan. Yang menarik adalah, tidak seperti banyak kebudayaan lain yang mulai hilang ditengah zaman yang mulai modern, kebudayaan Jepang sampai saat ini masih terjaga dengan sangat-sangat baik. Dan kebudayaan ini bukan hanya tercermin pada festival-festival budaya yang sering diadakan, makannanya, tarian atau pakaian tradisional, namun juga dapat terlihat dari desain rumah kayu Jepang yang sampai saat ini masih banyak ditemukan.

Rumah kayu Jepang memang populer, meski saat ini kebanyakan warganya lebih suka tinggal di apartemen, namun keberadaan rumah kayu masih jadi salah satu pilihan menarik. Ada banyak alasan mengapa banyak orang masih suka menggunakan desain rumah kayu Jepang, selain natural, desain rumah kayu ini juga sangat menarik, dan memberikan suasana yang tenang dan nyaman. Nah jika anda berencana membangun rumah dengan desain rumah kayu ala Jepang, seperti yang dilansir oleh his-travel.co.id, berikut ini Bagian-Bagian Rumah Kayu Jepang yang harus anda ketahui!

Bagian-Bagian Rumah Kayu Jepang


1. Washitsu adalah ruang beralaskan tatami dalam bangunan tradisional
Jepang. tatami adalah semacam tikar berbahan jerami yang berasal dari Jepang
yang dibuat secara tradisional. Ukuran luas sebuah ruangan bisa diukur dilihat
dari jumlah tatami yang diletakkan di lantai. Meski pada dasarnya washitsu adalah ruang serbaguna, namun biasanya para rumah Jepang modern, washitsu digunakan sebagai ruang tamu.

2. Jika anda suka menonton film-film anime Jepang, anda pasti sering melihat tokohnya melepaskan sepatu dan menaruhnya di sebuah rak sebelum akhirnya mengganti dengan sandal rumah. Nah koridor tempat menyimpan sendal dan sepatu ini disebut dengan Genkan. Genkan sendiri merupakan salah satu ciri khas pada rumah-rumah Jepang, bahkan di rumah modern sekalipun, anda akan selalu dapat menemukan genkan setelah pintu masuk. Genkan adalah koridor tempat penghuni rumah atau tamu masuk dan
melepas sandal atau sepatu mereka. Penggunaan Genkan adalah untuk menghindari
mengotori tatami mereka.

3. Selain genkan, roka juga merupakan salah satu ciri khas rumah tradisional Jepang. Roka sendiri merupakan lorong kayu yang menghubungkan satu ruangan dengan ruangan lain.

4. Sama seperti di Indonesia, orang Jepang juga suka menggunakan toilet jongkok yang disebut dengan washiki. Washiki ini biasanya terbuat dari porselen, dan cara penggunaannya merupakan kebalikan dari penggunaan toilet jongkok di Indonesia. Dimana mereka akan menghadap dinding yang ada di belakang toilet.

5. Di Jepang ada dua jenis dapur, yaitu dapur dengan tungku untuk memasak, dan dapur yang digantung. Kedua jenis dapur ini biasanya ditemukan di desain rumah kayu tradisional Jepang. Namun saat ini kebanyakan orang Jepang lebih suka menggunakan dapur modern.

Nah itu dia beberapa bagian-bagian rumah Jepang yang mungkin bisa anda jadikan inspirasi. Selain mengenal bagian-bagian rumah, berikut ini 50 Desain Rumah Kayu Jepang yang bisa anda lihat dibawah ini!

50 Desain Rumah Kayu Jepang

Keren sekali bukan 50 Desain Rumah Kayu Jepang diatas? Bagi anda yang tingga di Indonesia dan tinggal di kota besar, tidak ada salahnya untuk membangun rumah dengan desain rumah kayu ala Jepang. Selain suasananya yang tenang dan damai, desain rumah kayu yang tidak umum juga akan membuat rumah anda terlihat unik lho!

Share this on:

Related Post