Cara Membersihkan Kamar Mandi Yang Benar

Cara Membersihkan Kamar Mandi Yang Benar - Badan yang bersih selalu menjadi salah satu cara termudah membuat tubuh yang lelah menjadi rileks. Untuk itu, tidak heran jika banyak orang yang langsung memutuskan untuk mandi setelah seharian beraktifitas. Selain membuat tubuh jadi bersih, mandi dan membersihkan diri juga membuat tubuh terasa lebih segar dan nyaman.


Sumber: solusiproperti.com

Tapi, hal itu juga jika didukung dengan suasana kamar mandi yang bersih dan wangi. Bayangkan, jika anda merasa lelah setelah beraktifitas seharian, lalu begitu masuk ke kamar mandi dan mendapati kamar mandi anda kotor, berlumut, licin dan bau? Bukan merasa nyaman, hal ini justru akan membuat anda merasa tidak nyaman dan jijik. 

Selain malas membersihkan kamar mandi, salah membersihkan kamar mandi juga membuat kamar mandi menjadi kotor. Apalagi ruangan ini lebih lembap dibandingkan ruangan lain didalam rumah, sehingga bakteri dan kuman lebih mudah bersarang di kamar mandi. Lalu apa saja sih hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat membersihkan kamar mandi? Seperti yang dilansir oleh rumah.com, berikut ini 10 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Membersihkan Kamar Mandi!

10 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Membersihkan Kamar Mandi


1. Menggunakan satu produk untuk semua


Sumber: cleanipedia.com

Jika anda merasa satu desinfektan untuk setiap saniter di kamar mandi sudah cukup, coba pikirkan lagi. Setiap benda di kamar mandi sebenarnya punya produk tersendiri.

Kloset dan bathtub boleh jadi dibersihkan dengan cairan pembersih yang sama, akan tetapi jangan semprotkan pada permukaan kaca atau untuk menyikat lantai kamar mandi. 

2. Pembersih yang mengandung racun

Sumber: Collection Evolution

Alasan anda menggunakan larutan pembersih adalah untuk membunuh bakteri penyebab penyakit yang ada di kamar mandi. Memang tak ada yang salah dengan cara ini. Akan tetapi tahukah anda, bahwa beberapa produk pembersih yang marak tersedia justru membahayakan kesehatan?
Environmental Working Group menerbitkan “Hall of Shame” yang berisi daftar produk pembersih terburuk. Penggunaan produk ini sebenarnya sudah dilarang di sejumlah negara, karena diketahui dapat menyebabkan kanker, kebutaan dan penyakit kronis lainnya.
Mungkin ini saatnya untuk beralih ke metode alami, seperti menggunakan buah. Sebuah jeruk dipotong setengah dan dilumuri garam bisa dipakai untuk membersihkan bak mandi. Sedangkan lemon yang dibelah dua bisa digunakan untuk menyikat noda yang menempel di keran air. Selain membuat harum kamar mandi, cara alami ini terbukti ampuh, lho! 

3. Membersihkan bagian yang kotor saja


Sumber: ideaonline.co.id

Diterjemahkan dari laman goodhousekeeping.com, poin selanjutnya yang jangan dilakukan saat memberihkan kamar mandi adalah hanya menyikat bagian yang terlihat kotor saja. Ketahui, bakteri dan kuman umumnya lebih menyukai sudut-sudut yang sukar terjamah. Gunakan sikat gigi yang tidak terpakai lagi, untuk membersihkan area belakang kloset duduk atau bagian bawah wastafel. 

4. Menyimpan sikat toilet basah


Sumber: rumah.com

Kelembaban akan melahirkan bakteri. Oleh karena itu, ubah kebiasaan anda yang selalu menyimpan sikat toilet dalam keadaan basah. Seusai digunakan, pastikan sikat toilet anda telah benar-benar kering sebelum dikembalikan ke tempatnya. Untuk tingkat kebersihan yang maksimal, rendam sikat toilet hingga gagangnya ke dalam air yang telah diberi cairan pembasmi bakteri, minimal satu kali sebulan. 

5. Melupakan tirai shower


Sumber: bukapalak.com

Ketika tirai penutup shower mulai dihinggapi lumut atau spot-spot hitam, anda tidak perlu berpikir untuk langsung membuangnya. Langkah mudah yang bisa dikerjakan hanyalah melemparkannya ke dalam mesin cuci, lalu beri air panas dengan suhu sedang dan taburi deterjen. Jika ingin tirai berumur panjang, biasakan membuka tirai lebar-lebar seusai digunakan. 

6. Jarang membersihkan rak


Sumber: tokopedia.com

“Sesuatu yang lembab seperti wadah tertutup, cenderung lebih mudah terserang pertumbuhan mikroorganisme yang berasal dari udara terbuka,” demikian pernyataan American Dental Association, seperti ditulis laman huffingtonpost.comUntuk itu, rutinlah membersihkan rak bahkan keran air yang ada di kamar mandi, paling tidak dua minggu sekali. 

7. Meletakkan sikat gigi dekat closet


Sumber: omjoni.com

Sebuah ulasan dari Harvard University Gazette menuturkan bahwa “Setiap kali anda flush, partikel aerosol dari toilet melayang sejauh enam kaki.” Itu berarti, jika letak sikat gigi berada dekat dengan kloset, bayangkan virus apa yang akan menempel pada sikat gigi anda. Oleh karena itu, berikan jarak antar keduanya minimal tujuh kaki. 

8. Menggunakan spons yang sama


Sumber: ketahui.com

Apakah anda menggunakan spons yang sama untuk mencuci piring sekaligus mengelap kloset? Jika iya, mulai sekarang berhentilah melakukan hal ini. Karena sebuah studi yang dilakukan Charles Gerba, profesor mikrobiologi dari University of Arizona, mengemukakan bahwa spons terbukti 200.000 kali lebih kotor dibanding dudukan toilet.

Tak hanya itu, para pakar menemukan bakteri yang ada dalam spons masuk ke kategori berbahaya, yang dapat menyebabkan paralysis atau kelumpuhan. Secara mendetail, studi baru ini mengungkapkan ada 10 jutaan bakteri pada setiap inci spons. 

9. Mengelap kaca dari atas ke bawah


Sumber: rumah.com

Kesalahan yang kerap dilakukan adalah mengelap kaca kamar mandi dengan gerakan dari atas ke bawah. Padahal cara yang benar yaitu membentuk huruf S.
Dan fatalnya lagi, cairan pembersih kaca tidak disemprotkan ke kain melainkan ke kaca langsung. Perlu diketahui, menyemprotkan cairan pembersih ke kaca bisa mengendapkan pergumpalan debu dan bakteri masuk ke dalam partikel kaca. Cara yang benar untuk mengelap kaca kamar mandi adalah membentuk huruf S. 

10. Terakhir hanya dilap bukan disikat


Sumber: ciricara.info

Ingat, yang namanya membersihkan akan lebih menghasilkan bila dilakukan dengan cara disikat. Hindari proses mengelap kloset atau dinding keramik kamar mandi, karena bakteri yang hinggap tidak akan tertuntaskan secara maksimal. 

Siapa sangka, ternyata hal yang sering kita lakukan dikamar mandi juga dapat menimbulkan efek yang tidak baik bahkan berbahaya bagi kesehatan kita. Nah agar hal ini tidak terjadi, tidak ada salahnya kan jika anda mulai membersihkan kamar mandi dengan benar dan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk diatas. Membersihkan kamar mandi, memang terdengar seperti pekerjaan yang berat dan melelahkan, tapi tentu saja anda tidak akan perlu waktu sampai seharian untuk membuat kamar mandi anda kembali bersih. Lalu bagaimana cara membersihkan kamar mandi yang benar? Seperti dilansir oleh berikut ini cara membersihkan kamar mandi yang benar!

Cara Membersihkan Kamar Mandi Yang Benar


1. Pindahkan pakaian dan handuk kotor


Sumber: saudagarbatiksolo.blogspot.com

Jika anda kerap menggantung pakaian kotor di kamar mandi, keluarkan dulu pakaian-pakaian tersebut. Letakkan pakaian tersebut di keranjang. Bila perlu, cuci dahulu pakaian-pakaian tersebut.

2. Kembalikan benda-benda yang tidak seharusnya dikamar mandi ke tempatnya


Sumber: Rumah Minimalis Design

Terkadang, ada benda-benda yang tidak seharusnya ada di kamar mandi, namun berada disana. Misalnya, jam tangan atau atau cincin yang tak sengaja berada di kamar mandi. Kembalikan benda-benda tersebut ke tempat semula. 

3. Buang botol, wadah plastik, dan kemasan lain yang sudah habis


Sumber: Plastic Indonesia

Orang-orang biasanya malas untuk membuang botol plastik kosong yang ada di kamar mandi. Meskipun isinya sudah habis, terkadang pemilik rumah malas untuk sekedar membuang botol kemasan plastik tersebut. Jika terlalu banyak kemasan kosong yang ada pada kamar mandi, tentu hal ini akan membuat kamar mandi menjadi sesak. Untuk itu, buang botol kemasan tersebut dan pastikan anda melubangi botol atau wadah tersebut sebelum dibuang. Hal ini untuk mengantisipasi penyalahgunaan wadah tersebut. 

4. Gunakan sarung tangan untuk melindungi tangan anda


Sumber: kompas.com

Sebelum membersihkan kamar mandi, anda perlu menggunakan sarung tangan karet. Sarung tangan yang berbahan karet lebih kuat dari sarung tangan berbahan plastik yang biasanya mudah robek. Sarung tangan ini akan melindungi anda dari goresan alat-alat yang ada di kamar mandi serta menjauhkan anda dari kuman dan bakteri kamar mandi. 

5. Bersihkan bak mandi, shower, closet dan bath tub dengan pembersih kamar mandi

Sumber: desainrumahnya.com

Saat ini, banyak produk-produk pembersih kamar mandi yang dapat anda beli di pasaran. Produk ini biasanya khusus digunakan untuk area kamar mandi dan bukan di area luar. Ikuti langkah-langkah penggunaan yang ada pada kemasan produk agar anda menggunakan pembersih tersebut dengan aman dan sesuai fungsinya. Gunakan pula spons yang kasar untuk membersihkan kerak dan noda menempel di tempat tersebut. Kemudian bilas dengan air dan keringkan dengan handuk kecil dan lap. 

6. Bersihkan kloset dengan cairan disinfektan


Sumber: Iqbal Azhari

Karena kloset adalah area yang paling banyak kuman dan bakteri, maka pembersih kamar mandi biasa mungkin kurang ampuh dalam membersihkan bagian itu. Maka, anda butuh cairan disinfektan untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada dikloset.

7. Bersihkan kaca dengan pembersih dan kain microfiber


Sumber: Microfiber Cloth Indonesia

Jangan lupa, selain membersihkan area kamar mandi, anda perlu juga memperhatikan kebersihan cermin. Meskipun terlihat bening, bukan berarti cermin tersebut udah bersih. Terkadang, masih ada debu yang menempel dan harus dibersihkan. Untuk membersihkan cermin, gunakan cairan pembersih kaca dan lap mikrofiber. Lap dan kain hauslah benar-benar lembut dan cairan pembersih kaca yang digunakan jangan sampai meninggalkan goresan atau guratan pada cermin. Bila anda tak sempat membeli cairan pembersih kaca, atau anda bisa menggunakan cuka sebagai gantinya. 

8. Sapu lantai kamar mandi


Sumber: id.aliexpress.com

Setelah semua kotoran yang ada pada furnitur kamar mandi selesai dibersihkan, maka kotoran akan jatuh dan menumpuk di lantai. Sapu lantai kamar mandi dan pel bila perlu. Gunakan pembersih lantai kamar mandi yang mengandung disinfektan.
Selain cara membersihkan kamar mandi yang benar diatas, jangan lupa untuk membersihkan lantai kamar mandi dan menyikatnya. Ingat lantai kamar mandi yang licin sangat berbahaya dan serirngkali menimbulkan kecelakaan yang cukup fatal. Anda tidak ingin bukan jika anda atau salah seorang dari keluarga anda jatuh di kamar mandi karena lantai kamanr mandi yang licin?
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Membersihkan Kamar Mandi Yang Benar. Semoga bermanfaat!Cara Membersihkan Kamar Mandi Yang Benar