Cara Membersihkan Lantai Granit


Cara Membersihkan Lantai Granit - Lantai menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah rumah. Bukan hanya berfungsi sebagai alas, lantai rumah juga seringkali dimanfaatkan sebagai tempat untuk duduk maupun bermain bagi anak-anak. Di sisi lain, lantai terkadang bisa menjadi salah satu komponen yang mengubah desain rumah menjadi lebih menarik.

Sumber: rooang.com

Kebanyakan orang saat ini biasanya akan lebih memilih menggunakan keramik dan lantai ubin untuk rumahnya. Lantai keramik warna putih biasanya selalu jadi favorit banyak orang, namun tidak sedikit orang yang memilih menggunakan keramik atau ubin dengan warna lain atau dengan beberapa motif agar tampilan rumahnya menjadi lebih menarik.

Namun, selain memakai lantai keramik, solusi lainnya anda bisa memilih menggunakan lantai granit atau marmer. Kedua bahan ini selain memukau juga mampu mengubah tampilan ruangan anda yang terlihat biasa menjadi luar biasa. Kelebihan lainnya, Granit sangat tahan lama, namun dengan catatan anda dapat merawatnya dengan benar. Karena jika tidak, alih-alih tahan lama, lantai granit anda akan cepat rusak.

Kebanyakan orang akan membersihkan lantai granit dengan menggunakan berbagai produk pembersih lantai lainnya. Padahal berbeda dengan lantai keramik, lantai granit ini terbuat dari batuan alam sehingga cara membersihkannya lantai granit ini pun memerlukan perhatian khusus. Dan mengingat lantai granit merupakan batuan alam, ada beberapa produk yang seharusnya tidak digunakan untuk membersihkan lantai granit karena bisa menggores dan merusak permukaannya. Dan seperti yang dilansir oleh cleanipedia.com berikut ini produk-produk yang seharusnya tidak digunakan untuk membersihkan lantai granit!

Produk Yang Dilarang Untuk Membersihkan Lantai Granit


1. Produk-produk pembersih lantai biasa. Anda lebih baik menggunakan pembersih marmer atau granit khusus.

2. Pembersih ubin keramik karena ini bisa menyebabkan marmer tampak kusam. 

3. Bahan apa pun yang bersifat sangat asam atau sangat basa, misalnya cuka.

4. Kain kasar, misalnya spons cuci piring yang terbuat dari kawat halus.

5. Mesin penyedot debu karena roda dan selangnya bisa menggores lantai.

Meski terlihat sulit karena dilarang menggunakan banyak produk dan bahan biasa, tapi sebenarnya merawat lantai granit ini lebih mudah, jika anda selalu menjaganya agar tidak kotor. Untuk menjaganya agar tetap awet, salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan lantai granit secara rutin sehingga tidak ada debu atau kotoran yang menempel dan berpotensi untuk merusak maupun menggores lantai granit. Nah agar tidak salah dalam membersihkan lantai granit, seperti yang dilansir oleh tukang.id berikut ini Cara Membersihkan Lantai Granit yang bisa anda coba ikuti!

Cara Membersihkan Lantai Granit


1. Langkah Pertama


Sumber: WSK Textile

Jenis air yang kita gunakan untuk membersihkan lantai granit bukan air dingin melainkan air yang sedikit hangat. Selain itu, sediakan juga kain yang lembut dan bersih serta kering. Sebisa mungkin jangan gunakan air keran dari ledeng melainkan, gunakan saja air sumur atau air sulingan yang bebas dari mineral atau klorin

2. Langkah Kedua

Sumber: cleanipedia.com

Agar lantai tidak mudah rusak, anda harus membersihkannya setidaknya setiap hari. Ini adalah cara terbaik untuk menghindari noda yang bisa saja menempel dengan kuat apabila tidak segera segera dibersihkan. 

3. Langkah Ketiga


Sumber: poles marmer

Sebisa mungkin, gunakan bahan-bahan yang tidak menyebabkan abrasi untuk membersihkan bagian-bagian yang terkena noda. Gunakan kain basah atau paper towel. spons abrasif juga tidak dianjurkan karena dapat meninggalkan goresan-goresan samar yang pada akhirnya dapat merusak granit. 

Begitu juga dengan noda makanan sebaiknya tidak dibiarkan terlalu lama. Poin selanjutnya harus anda perhatikan adalah, waspadai beberapa noda yang akan sulit dibersihkan seperti noda teh, bekas kopi, atau minyak. Apabila dibiarkan terlalu lama, semua noda tersebut akan menempel dengan kuat. 

4. Langkah Keempat


Sumber: amazine.co

Apabila anda mendapati ubin granit terkena noda, terutama noda yang tidak bisa dibersihkan hanya dengan memanfaatkan air, anda bisa menambahkannya sedikit sabun atau deterjen. 

5. Langkah Kelima


Sumber: bintang.com

Untuk noda membandel anda bisa mengandalkan soda kue yang dicampurkan dengan air untuk dibentuk menjari pasta. Noda berat atau noda kering yang sangat sulit dibersihkan harus ditangani dengan cara khusus. Setelah anda menyediakan pasta soda kue, tutupi noda tersebut dengan pasta yang sudah kamu buat lalu biarkan selama kurang lebih 1 malam sebelum dibersihkan keesokan paginya. 

Apabila anda menemukan noda yang membandel, anda bisa menutupinya gunakan pasta soda kue selama beberapa hari sebelum kemudian dibersihkan dengan cara yang sama. Noda berbasis minyak dapat diatasi dengan menggunakan air atau alkohol. Sedangkan noda yang tercipta karena sesuatu berbahan dasar air bisa dihilangkan dan dibersihkan dengan memanfaatkan hidrogen peroksida atau aseton. 

6. Langkah Keenam


Sumber: amazine.co

Perhatikan warna granit yang anda miliki. Jika warna granit yang anda miliki gelap, anda bisa memanfaatkan hidrogen peroksida untuk membersihkan noda. Namun jika lantai granit yang anda miliki berwarna terang, sebaiknya gunakan saja aseton.

7. Langkah Ketujuh


Sumber: youtube.com

Untuk melindungi granit agar awet dan tidak mudah rusak, anda bisa memanfaatkan polish granit. Anda bisa mendapatkan pemoles batu tersebut di toko-toko batu terutama yang menjual batu granit atau toko bangunan. Sebelum menggunakannya, pastikan anda membaca labelnya terlebih dahulu karena ini merupakan produk khusus untuk granit dan biasanya aman apabila digunakan di permukaan batu tersebut. Untuk poles granit yang alami, anda bisa membuat campuran baking soda dengan air. 

Caranya, siapkan seperempat cangkir baking soda lalu tambahkan 3 gelas air kemudian aduk hingga mengental. Terapkan pasta soda tersebut keseluruh lantai granit dengan bantuan kanebo atau kuas. Hati-hati juga pada saat menggunakan semir atau poles untuk granit karena beberapa jenis granit tidak membutuhkannya. Misalnya batu granit yang berwarna hitam sebaiknya tidak di polish


8. Langkah Kedelapan



Sumber: halaman hijau

Untuk menjaga agar batu granit aman dari noda, anda bisa menambahkan pelindung berupa lapisan khusus untuk batu granit.


Nah itu dia beberapa cara membersihkan lantai granit. Untuk menjaga agar tidak salah dalam menggunakan produk, sebaiknya sebelum menggunakan berbagai bahan atau produk untuk membersihkan lantai granit, anda harus membaca label atau petunjuk penggunaan terlebih dahulu.

Terima kasih sudah membaca artikel Cara Membersihkan Lantai Granit. Semoga bermanfaat!Cara Membersihkan Lantai Granit
=====================================



Tertarik dengan inspirasi desain kami? Wujudkan desain minimalis impian Anda baik interior, exterior, maupun furniture dengan menghubungi tim desainrumahnya.com di ►►►Sini

loading...