37 Model Partisi Ruang Tamu Minimalis Modern

Model Partisi Ruang Tamu Minimalis Modern – Sekat pada ruang tamu atau sering disebut sebagai partisi oleh praktisi interior desain, merupakan suatu bidang yang memiliki fungsi utama sebagai pemisah antar ruang dan biasanya tidak didesain permanen. Partisi memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan dinding walaupun pada dasarnya sama-sama berfungsi sebagai pemisah ruang. Keunggulan dari partisi antara lain adalah ukuran ruang tamu Anda akan terasa lebih luas walaupun Anda telah memisahkannya menjadi 2 bagian.
Walaupun memiliki fungsi sebagai pemisah ruang, partisi memiliki kelebihan lainnya yaitu sebagai elemen dekoratif pada ruang tamu Anda. Dengan Adanya partisi Anda dapat membuat ruang tamu Anda meniliki nilai artistik yang lebih.
Jika Anda merupakan salah satu penggemar dari konsep ruang tamu terbuka dan ingin membuat ruang tamu dengan konsep terbuka maka penggunaan partisi patut Anda pertimbangkan.
sumber: pinterest

2 Jenis Partisi Yang Umum Ditawarkan

Pada dasarnya partisi yang berfungsi sebagai sekat antar ruangan ini dibagi menjadi 2 jenis yang umumnya ditawarkan oleh para interior desainer untuk mempermanis dekorasi ruang tamu Anda. 2 Jenis partisi Yang dimaksud adalah partisi satu sisi dan partisi dua sisi (dikenal sebagai partisi dua muka)

Partisi satu Sisi

Partisi satu sisi merupakan partisi yang hanya bisa dilihat dari depan saja. Jenis partisi ini biasanya belakangnya hanya datar saja dan tidak semi transparan. Partisi jenis ini biasanya berupa rak buku, lemari display, dan lain sebagainya.

Partisi Dua Muka / Partisi Dua Sisi

Partisi dua sisi atau yang lebih terkenal sebagai partisi dua muka merupakan partisi yang dapat dilihat dari 2 arah baik dari depan maupun dari belakang partisi. Partisi dua muka biasanya lebih cantik dibandingkan dengan partisi satu sisi karena dapat menjadi elemen dekoratif dari 2 ruang yang berbeda.

Tips Model Partisi Ruang Tamu Minimalis Modern

Disini kami akan memberikan sedikit tips mengenai pemilihan model partisi ruang tamu minimalis modern. Beberapa tips tersebut antara lain:


1. Menetapkan Titik Terbaik partisi Dipasang

Sudah menjadi hal yang umum apabila Anda hendak memasang sebuah partisi maka Anda harus menetapkan titik terbaik sebelum partisi tersebut dipasang. Mungkin Anda dapat menempatkannya dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan ditengah-tengah antara ruang tamu dan ruang keluarga, sehingga partisi tersebut tidak sampai menyentuh dinding. Atau Anda juga dapat memilih partisi dengan ukuran besar yang menyentuh langit-langit rumah serta dinding rumah Anda.
2. Pemilihan Model Partisi
Model partisi merupakan faktor yang cukup penting. Anda dapat memilih partisi yang mudah digerakkan, dilipat, atau dipindahkan jika Anda hanya menggunakan partisi tersebut sementara waktu saja. Jika Anda sudah mantap dengan posisi yang tidak akan diubah-ubah lagi, Anda dapat memilih partisi model permanen. Anda juga dapat memilih model semi permanen yang mudah dibongkar pasang sehingga cahaya dan udara akan mudah mengalir.
3. Pemilihan Material
Pemilihan material akan bergantung kepada desain interior yang Anda inginkan karena material akan membuatnya lebih selaras. Jika Anda menginginkan desain minimalis modern maka material berjenis kaca dapat Anda pilih, jika Anda menginginkan penyelarasan dengan desain minimalis biasanya material kayu dapat Anda pilih, namun apabila Anda menginginkan interior desain sederhana ala pedesaan maka material bambu merupakan pilihan yang tepat.


4. Harga Partisi Ruang Tamu

Faktor terpenting adalah harga partisi sehingga Anda dapat bersiap dengan anggaran. Ada banyak sekali orang yang menganggap bahwa pembuatan partisi hanya menelan dana dibawah 5 Juta Rupiah. Perlu ditekankan bahwa ini adalah anggapan yang salah. Biasanya dana yang dibutuhkan per meter menggunakan bahan material kayu adalah 2jt – 5jt rupiah. Penggunaan jenis kayu yang berbeda tentu akan mengubah harganya.
Terlebih lagi jika berkaitan dengan bentuk (karena memakan material lebih banyak) dan pemilihan finishing. Untuk partisi sederhana biasanya menghabiskan dana paling sedikit 7Jt rupiah, sedangkan untuk model yang cantik dengan finishing yang tidak mahal mencapai 12 – 17 Juta. Untuk desain super, ukuran besar, serta finishing ciamik terbaru bisa menelan dana lebih dari 20Jt.
Jadi, kami menyarankan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan interior desainer sebelum memulai membuat partisi. Minta ukuran untuk partisi yang akan dibuat. Minta juga perkiraan biayanya. Dan Anda jangan malu mengatakan budget Anda, karena itu justru akan menjadi penghambat dalam pengerjaan. Katakanlah berapa budget Anda, kemudian berkonsultasi untuk membuat partisi sesuai dengan budget Anda.


Berkonsultasi Kepada Interior Desainer


konsultasi interior desain

Berkonsultasi mengenai desain partisi ruang tamu kepada interior desainer sebenarnya merupakan pilihan yang bijak, karena selain dapat memperoleh desain yang apik, juga dapat mengurangi biaya yang disebabkan oleh berbagai hal. Banyak orang berpikir bahwa mempekerjakan jasa interior desain dalam membangun partisi ruang tamu akan menguras biaya lebih banyak, pada kenyataannya justru sebaliknya. Interior desainer akan memberikan estimasi biaya yang dikeluarkan sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya yang disepakati sejak awal. Jadi tidak ada biaya tidak terduga, biaya kesalahan pembangunan, dan lain sebagainya. Interior desainer menjunjung tinggi profesionalitas jadi tidak ada salahnya mencoba bukan?

Kami dari desainrumahnya.com memberikan Anda solusi mengenai interior desain untuk partisi ruang tamu  baik dari sisi gambar desain sampai dengan pembuatan partisi ruang tamu untuk wilayah jabodetabek dan bandung. Informasi lebih detail, silahkan menuju halaman berikut ini  ►►► Hire us

Contoh Model Partisi Ruang Tamu Dua Muka Minimalis Modern Dari

Kayu Berikut ini adalah beberapa desain partisi ruang tamu dua sisi dengan konsep minimalis modern yang cantik dan indah untuk dipandang mata. Anda dapat melihatnya sebagai bahan referensi Anda jika berminta membuat partisi ruang tamu.
sumber: pinterest.com
sumber: furnituremind.co.uk
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com

Desain Partisi Pembatas Ruang Tamu Dua Sisi Minimalis Modern Dari Kaca


Berikut ini adalah beberapa contoh partisi ruang tamu dia sisi minimalis dari kaca yang dapat Anda jadikan inspirasi. 
sumber: elledecor
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com

Gambar Sekat Ruang Tamu Dua Sisi Minimalis Modern Dari Besi


Berikut ini adalah beberapa contoh partisi ruang tamu dia sisi minimalis dari besi yang dapat Anda jadikan inspirasi.
sumber: pinterest.com
sumber: pinterest.com

Desain Partisi Ruang Tamu Model Satu Sisi


Berikut ini adalah beberapa contoh partisi satu sisi untuk ruang tamu minimalis modern yang dapat Anda jadikan inspirasi. 
sumber: pinterest
sumber: pinterest
sumber: pinterest
sumber: pinterest
sumber: pinterest
sumber: pinterest

Share this on:

Related Post