Desain Atap Tenda Membrane


Desain Atap Tenda Membrane - Tenda membrane merupakan salah satu dari banyak jenis canopy yang digunakan di tempat tertentu seperti garasi, parkiran mobil, atau pelengkap ruangan seperti kolam renang. Tenda membrane sendiri dapat digunakan baik untuk interior maupun eksterior desain. Akan tetapi menurut desainrumahnya.com tenda membrane akan lebih efektif digunakan sebagai eksterior karena tenda membrane berfungsi sama halnya dengan jenis canopy lainnya yaitu sebagai pelindung atas cuaca baik hujan maupun terik matahari.

Bahan Material Tenda Membrane


Berbicara mengenai canopy, material yang digunakan umumnya adalah sirap, tanah liat, beton, seng, dan aspal. Anda dapat menemukannya di berbagai toko bangunan dengan berbagai merk sesuai dengan kebutuhan bangunan. Namun, apakah Anda tahu, material tekstil / kain juga dapat digunakan sebagai material untuk atap? Material tekstil sudah mulai digunakan sebagai material atap sejak tahun 1960-an. Karena tekstil atau kain ini bersifat fleksiel, maka material ini sering menggantikan material lain seperti tanah liat, beton, maupun aspal dikarenakan sifatnya yang bebas (free form).

Atap dengan bahan material tekstil atau kain inilah yang sering disebut sebagai tenda membrane / canopy membrane. Sering disebut sebagai tenda dikarenakan konstruksi atap yang ditarik layaknya sebuah tenda. Dibantu dengan struktur rangka dan kabel, tenda membrane dapat menutupi area yang luas sekalipun.

Keunggulan Tenda Membrane


Berikut ini adalah keunggulan dari tenda membrane:
- Walaupun teksturnya semi transparan, atap / membrane mampu untuk memantulkan cahaya matahari hingga 75%-85%.
- Tenda membrane mampu menahan angin dengan kecepatan 150km/jam.
- Mampu menyerap panas sehingga akan lebih teduh.
- Tahan Gempa
- Beban ringan
- Elastis
- Daya tahan 3 - 15 tahun bergantung dari grade material yang digunakan untuk membangun tenda membrane.
- Dapat menghasilkan bentuk yang indah (kompleksitas desain yang tidak kaku).
- Perawatan yang mudah, Anda tinggal menyiramkan air untuk membersihkannya.

Jenis Tenda Membrane

Berikut ini adalah jenis-jenis atap membrane yang tersedia di pasaran:

Atap Membran PTFE

Untuk proyek berskala besar di area semi outdoor, biasanya menggunakan atap membran PTFE (polytetrafluoroethylene) sebagai material penutup atapnya. Dengan jaring-jaring dari fiberglass, atap membran PTFE mampu menghadapi cuaca ekstrem dan diklaim dapat bertahan hingga 30 tahun. Lapisan PTFE pada dasarnya digunakan pada panci anti-lengket teflon, sehingga material ini tidak akan ditempeli air atau kotoran yang membuatnya kusam. Namun, material PTFE ini juga lah yang membuat atap membran jenis ini mahal harganya.

Atap Membrane EPDM atau Karet Sintetis

Jenis tenda membrane ini terbuat dari karet sintetis atau thermoset umumnya dibuat dari material EPDM (ethylene propylene diene monomer rubber. Struktur utama dari material atap ini adalah jaring-jaring polyester. Daya elastisitasnya tingga, dengan harga relatif murah dan dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Di pasaran dijual dalam bentuk lebaran. Atap membrane EPDM disambungkan dengan menggunakan lem, namun karena sambungan lem ini sering x menjadi penyebab  kebocoran, maka sebaiknya Anda mengontrol perawatannya sekala berkala.


Atap membran TPO atau Olefin Termoplastik

Atap membran TPO bisa memiliki jaring-jaring polyester maupun fiberglas. Atap ini sangat kuat dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Pemasangannya cukup dengan dilas. Kelemahannya adalah elastisitasnya lebih kecil daripada PVC dan EPDM.

Atap membran PVC

Atap membrane PVC seringkali terlihat di area parkir. Dikarenakan strukturnya yang tensi / tarik, maka Anda akan sering menjumpai atap membrane jenis PVC ini memiliki desain yang unik, tidak kau, alias free form. Pemasangannya dengan cara dilas. Namun, kadar VOC dari atap ini masih cukup tinggi sehingga kurang ramah lingkungan.

Pemilihan Jasa Pembuat Tenda Membrane / Canopy Membrane


Jika Anda ingin memiliki tenda membrane baik itu di rumah Anda maupun pada proyek Anda, pastikan terlebih dahulu bahwa penyedia jasa tersebut telah memiliki portofolio proyek mana saja yag telah dikerjakan, bila perlu Anda melakukan pengecekan secara langsung ke lokasi proyek yang telah dikerjakan penyedia jasa. Cari tahu terlebih dahulu mengenai tenda membrane / canopy membrane yang sesuai kebutuhan Anda, jangan sampai Anda diarahkan penyedia jasa untuk membeli material yang diluar kebutuhan Anda sehingga menyebabkan dana anggaran Anda membengkak. Terakhir, survey harga ke beberapa tempat untuk mendapatkan referensi harga yang "masuk akal". Jika harga yang ditawarkan penyedia jasa lebih mahal dari harga pasaran, pastikan mereka memberikan garansi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Contoh Gambar Desain Tenda Membrane / Canopy Membrane


Berikut ini adalah gambar desain tenda membrane / canopy membrane :
















=====================================



Tertarik dengan inspirasi desain kami? Wujudkan desain minimalis impian Anda baik interior, exterior, maupun furniture dengan menghubungi tim desainrumahnya.com di ►►►Sini

loading...