Cara Mempertahankan Rumah Supaya Selalu Bersih dan Rapi


  


Source: https://www.pexels.com/photo/interior-design-of-home-1643383/

Seringkali kita bertanya, “Kenapa susah sekali ya mempertahankan rumah yang rapi?” Pasalnya, menjaga rumah agar tetap bersih dan rapi bukanlah pekerjaan mudah. Perasaan malas juga akan terus menghantui ketika Anda baru saja pulang kerja dan melihat rumah yang berantakan. 

Melihat sebuah rumah yang berantakan terbukti bisa meningkatkan stres dan memperburuk keadaan mental Anda. Oleh karena itu, penting adanya untuk bisa pulang ke rumah yang bersih dan rapi.

Untuk Anda yang memiliki jadwal yang sibuk setiap harinya dan memiliki tanggung jawab yang banyak, mencari jasa utnuk membantu Anda membersihkan rumah bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, dalam jangka waktu panjang Anda harus mengeluarkan biaya yang besar. Maka dari itu, Anda bisa pelan-pelan menerapkan beberapa hal untuk bisa mengurangi biaya tersebut.

Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan setiap hari agar rumah Anda tetap bersih, seperti merapikan kasur dan membersihkan meja tidur setiap pagi, menyapu, mengepel lantai rumah, mencuci piring dan peralatan makan setelah selesai makan, serta menyemprot disinfektan saat masuk dan keluar rumah. 

 

Source: https://www.pexels.com/photo/close-up-photo-of-person-cleaning-the-table-4099467/


Salah satu alasan mengapa rumah Anda selalu terlihat berantakan adalah karena banyaknya barang di rumah sehingga bisa berdebu seiring berjalannya waktu. Untuk menghindari hal tersebut, jangan lupa untuk membersihkan setiap bagian rumah beberapa hari sekali agar debu tidak tertumpuk.

Satu trik yang bisa Anda terapkan adalah menentukan jadwal untuk melakukan declutter. Begitu banyak barang yang Anda miliki, belum tentu Anda gunakan terus menerus. Sisihkan satu hari secara teratur untuk membersihkan barang-barang yang sudah tidak digunakan atau diperlukan lagi. Anda bisa membuang atau memperbaiki barang yang rusak, dan mendonasikan atau menjual barang yang sudah tidak terpakai.

Selain itu, memiliki peralatan pembersih yang tepat juga penting. Jika Anda tidak memiliki peralatan yang tepat, maka membersihkan rumah akan jauh terasa lebih berat. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki alat-alat untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan rumah dengan lebih mudah dan cepat, seperti mesin cuci dengan kapasitas besar atau mesin vakum yang mampu menghisap seluruh kotoran dalam rumah. 

 

Source: https://www.pexels.com/photo/man-holding-the-washing-machine-door-8774531/


Ketahui bagian rumah mana saja yang sering dan jarang Anda datangi. Biasanya, ruangan yang jarang didatangi akan lebih berdebu. Jadi, pastikan Anda membersihkan rumah menyeluruh secara rutin ya.

Ada juga beberapa hal yang perlu dilakukan secara berkala untuk memastikan kebersihan rumah Anda. Beberapa di antaranya adalah mencuci sprei kasur dan gorden ranjang setiap dua minggu sekali, mencuci pakaian minimal 2 hari sekali, dan masih banyak lagi. Namun jika memungkinkan, lebih baik Anda mencuci pakaian kotor Anda setiap hari untuk mencegah kemalasan dan tumpukan baju yang semakin menggunung. Jangan lupa untuk langsung melipat seluruh baju yang sudah bersih ke dalam lemari.

Ada berbagai peralatan canggih yang banyak dijual untuk membantu Anda membersihkan rumah dengan lebih efektif dan efisien. Namun, terlepas dari kemudahan yang bisa Anda dapatkan dengan bantuan alat-alat pembersih, seluruh hal tersebut harus Anda lakukan secara konsisten dan rutin.

Banyak yang akhirnya menyerah karena hal-hal tersebut mengambil terlalu banyak waktu dan energi, apalagi untuk seorang pekerja kantoran. Walau begitu, melakukan hal-hal ini secara konsisten akan membentuk sebuah rutinitas dan Anda akan menjadi terbiasa mempertahankan rumah yang bersih.


=====================================



Tertarik dengan inspirasi desain kami? Wujudkan desain minimalis impian Anda baik interior, exterior, maupun furniture dengan menghubungi tim desainrumahnya.com di ►►►Sini

loading...