Ide tata letak dapur terbaik untuk memaksimalkan ruang

Ide tata letak dapur penting untuk dipahami karena setiap tata letak memiliki kekuatan dan kelemahan, dan Anda harus mempelajari masing-masing untuk menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ide tata letak dapur terbaik untuk memaksimalkan ruang
Ilustrasi tata letak dapur.(homedit/ACD)

Desain dan bentuk dapur Anda adalah hal terpenting dalam membuat dapur Anda bekerja secara efisien.

Beberapa tata letak akan bekerja lebih baik daripada yang lain, memungkinkan Anda memanfaatkan ruang yang Anda miliki sebaik mungkin.

Ide tata letak dapur terbaik untuk memaksimalkan ruang
Ilustrasi tata letak dapur.(homedit/ACD)

Ide Tata Letak Dapur

Ada enam tata letak dapur umum. Namun, setiap denah dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan agar sesuai dengan bentuk dapur khusus Anda.

  • Dapur dinding tunggal. Di dapur berdinding tunggal, desainer menempatkan semua lemari, peralatan dapur, dan meja di sepanjang satu dinding. Ini bekerja dengan baik di ruang kecil atau ruangan besar tempat Anda mencoba menghemat ruang atau membuat zona berbeda, seperti di kantor.
  • Dapur galai dinamai sesuai dengan bentuk dapur di kapal atau galai. Dalam tata letak ini, desainer mengatur lemari, peralatan dapur, dan ruang kerja dalam tata letak yang panjang dan terkadang sempit di kedua sisi ruangan, dengan lorong di antaranya.
  • Dapur berbentuk L. Dalam tata letak ini, para desainer mengatur peralatan dapur, lemari, dan penghitung berbentuk L di sepanjang dinding tegak lurus dan bergabung di sudut.
  • Dapur berbentuk U. Desainer dapur menempatkan dapur berbentuk U di sepanjang tiga dinding dalam tata letak berbentuk U.
  • Masakan pulau. Pulau adalah unit yang berdiri sendiri di dapur yang digunakan orang untuk menyiapkan, menyimpan, dan memakan makanan. Menambahkan pulau ke dapur Anda dapat meningkatkan tata letak seperti dapur satu dinding, berbentuk L atau U dan memberikan ruang yang lebih dalam dan fungsional.
  • Dapur semenanjung. Dapur semenanjung mirip dengan pulau, kecuali pulau itu terhubung di satu sisi untuk membentuk meja tetap yang terbuka ke ruangan. Jenis tata letak ini juga dikenal sebagai dapur berbentuk L.
Ide tata letak dapur terbaik untuk memaksimalkan ruang
Ilustrasi tata letak dapur.(homedit/ACD)

Dapur adalah jantung dari rumah. Anda ingin memiliki tata letak dan fungsionalitas terbaik. Di bawah ini kita akan membahas beberapa tata letak dapur yang paling umum dan pro dan kontra mereka. Pertimbangkan artikel ini sebagai tambahan eksplorasi untuk perencana tata letak dapur Anda untuk memastikan Anda menciptakan ruang terbaik untuk diri sendiri, keluarga Anda, dan gaya hidup Anda.

Ide tata letak dapur terbaik untuk memaksimalkan ruang
Ilustrasi tata letak dapur.(homedit/ACD)

4 ide yang perlu diingat saat merencanakan dapur Anda

Setiap tata letak dapur memiliki elemen yang berfungsi dengan baik, tetapi tata letak yang paling cocok untuk Anda harus didasarkan pada kebutuhan dan keinginan pribadi Anda. Pastikan untuk mengingat ide-ide berikut saat memikirkan tata letak mana yang harus dipilih.
  • Pikirkan tentang ruang yang tersedia. Misalnya, Anda mungkin memiliki area yang cocok dengan dapur berbentuk U, tetapi membutuhkan penyimpanan dan tempat duduk ekstra. Mungkin sebuah pulau di tengah ruangan akan berfungsi.
  • Buat segitiga kerja. Saat mendesain dapur, pastikan Anda memiliki segitiga kerja dapur yang efisien. Ini adalah jarak antara peralatan yang paling sering digunakan, kompor/oven, lemari es dan wastafel. Setiap sisi segitiga harus antara empat dan sembilan kaki. Untuk penggunaan ruang yang paling efisien dan optimal, jumlah jarak untuk semua kaki tidak boleh kurang dari 13 kaki dan tidak lebih dari 26 kaki.
  • Kurangi lalu lintas melalui dapur – Tentu saja, dapur akan menjadi tempat yang sibuk. Namun, sebisa mungkin, cobalah untuk menghindari lalu lintas di area pementasan utama.
  • Area makan. Dapur adalah tempat paling penting untuk memasak, tetapi juga merupakan tempat orang makan. Pertimbangkan untuk menambahkan meja dan kursi, jamuan makan, atau pulau untuk tempat duduk tambahan.

Tags

Share this on:

Related Post