Tips bagaimana memilih wastafel dapur yang tepat untuk kamu

Penting untuk selalu melakukan riset sebelum membeli suatu barang, apa pun itu. Ini terutama diperlukan ketika Kamu membeli sesuatu yang mendasar yang akan Kamu gunakan selama beberapa tahun, seperti wastafel dapur

Tips bagaimana memilih wastafel dapur yang tepat untuk kamu
Ilustrasi.(homedit/ACD)

Jadi dari mana Kamu akan memulai dan bagaimana Kamu mengatur tugas penting ini? Kami menyarankan untuk membaginya ke dalam sub-kategori berdasarkan karakteristik yang paling penting seperti ukuran, bentuk, bahan bak cuci dan jenis instalasi yang diperlukan. 

Setelah Kamu mempertimbangkan pro dan kontra dan menetapkan detail ini, Kamu akan lebih siap untuk memilih wastafel dapur yang tepat untuk Kamu dan rumah Kamu.

Adapun ukuran, Kamu dapat memilih salah satu dari dua opsi utama. Kamu dapat memiliki wastafel dapur kecil atau besar. 

Masing-masing dari kedua tipe ini mencakup sejumlah sub-tipe, sehingga tidak semua wastafel berukuran kecil memiliki ukuran yang sama, dan terkadang ukurannya berkaitan erat dengan detail lainnya, seperti bentuk wastafel atau jenis pemasangannya. 

Either way, Kamu biasanya dapat langsung mengetahui apakah dapur Kamu dapat menampung wastafel besar atau tidak, dan jika Kamu membutuhkannya sama sekali. 

Pastikan untuk mempertimbangkan gaya hidup Kamu dan bagaimana Kamu biasanya menggunakan dapur Kamu. Jika Kamu memiliki mesin pencuci piring dan jarang menggunakan wastafel untuk tugas lain, tidak ada gunanya membuang-buang ruang yang berharga.

Wastafel bundar sangat populer. Mereka terlihat cantik dan cukup serbaguna karena dapat menampung piring, panci, dan wajan dengan berbagai bentuk dan ukuran. 

Biasanya mereka tidak kecil, tetapi tidak terlalu besar, terbuat dari bahan yang berbeda dengan berbagai jenis hasil akhir dan segala macam warna. 

Ini berarti Kamu memiliki banyak pilihan untuk dipilih setelah Kamu memutuskan detail lain yang terkait dengan desain wastafel. Ingatlah bahwa wastafel bundar juga biasanya bagus untuk sudut jika Kamu mempertimbangkan penempatan ini.

Tips bagaimana memilih wastafel dapur yang tepat untuk kamu
Ilustrasi.(homedit/ACD)

Wastafel persegi panjang modern

Wastafel persegi panjang dengan garis ramping dan bersih serta desain minimalis sangat umum di semua dapur modern, dan biasanya dipasang di atas meja. 

Dibandingkan dengan wastafel bundar, mereka lebih sulit dibersihkan dan kurang serbaguna, tetapi keuntungan terbesarnya adalah tampilan modern, dan Kamu tidak dapat membantahnya, terutama jika Kamu ingin wastafel dibangun di bagian dapur.

Wastafel pertanian

Gaya ini sangat mudah dikenali karena ciri khas apron dan nuansa vintage dari wastafel ini. Mereka berbentuk persegi panjang, tetapi memiliki tepi melengkung yang melembutkan penampilan mereka sedikit. 

Wastafel melengkung lebih mudah dibersihkan daripada wastafel dengan garis dan sudut tajam. Wastafel rumah pertanian tidak tersedia dalam berbagai warna, sentuhan akhir, atau bahan, jadi Kamu akan terbatas pada tampilan khas mereka tanpa kemampuan untuk menyesuaikan dekorasi dapur Kamu terlalu banyak (setidaknya tidak sejauh menyangkut wastafel).

Tips bagaimana memilih wastafel dapur yang tepat untuk kamu
Ilustrasi.(homedit/ACD)

Bagaimana memilih bahan wastafel dapur: stainless steel

Bahan pembuatan wastafel terkadang juga menentukan tampilannya dan pengaruhnya terhadap desain interior seluruh dapur. Baja tahan karat, misalnya, adalah bahan yang cukup umum untuk wastafel. Ini sangat tahan lama dan mudah dibersihkan, tetapi tidak cocok untuk semua gaya dengan baik. Wastafel stainless steel mungkin terlihat alami di dapur modern atau industri, tetapi tidak akan berfungsi di dapur kuno atau tradisional.

Wastafel dapur porselen

Wastafel porselen sangat umum di kamar mandi, tetapi tidak biasa di dapur, setidaknya tidak di dapur modern dan kontemporer. Ini karena wastafel porselen cenderung memiliki getaran vintage. Contoh sempurna adalah wastafel di rumah pertanian. 

Di sisi lain, wastafel porselen memiliki hampir semua warna yang dapat Kamu bayangkan, jadi ini merupakan nilai tambah yang besar jika Kamu memberikan banyak perhatian pada penyesuaian.

Wastafel komposit granit

Wastafel ini sangat kuat dan tahan lama, tetapi tidak semua orang menyukai tampilannya yang berbintik-bintik. 

Ingatlah bahwa tidak semua wastafel seperti itu berbintik-bintik, karena Kamu dapat menemukan desain yang memiliki tampilan monokrom yang solid dan tampak hebat di dapur modern dan kontemporer. 

Manfaat terbesar dari wastafel komposit granit adalah fakta bahwa mereka tahan terhadap goresan, keripik, dan noda air.

Wastafel terbuat dari batu alam

Ya, wastafel ini bisa terlihat sangat keren dan bergaya, dan sebelum Kamu benar-benar jatuh cinta padanya, luangkan waktu untuk mempertimbangkan kelemahan wastafel dapur batu alam. 

Pertama, akan rentan terhadap goresan, keripik, dan noda dan akan membutuhkan perawatan khusus. Kamu harus membersihkannya dengan produk khusus dan menyegelnya secara teratur. Juga, wastafel batu bisa sangat mahal, jadi ada juga.

Konfigurasi wastafel – jumlah mangkuk

Aspek lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih wastafel dapur adalah jumlah mangkuk yang ada. Pilihan paling sederhana adalah wastafel satu mangkuk. Ini cukup jelas. Ini adalah pencucian mobil biasa. 

Opsi ini memberi Kamu pilihan untuk memilih dari berbagai bentuk dan ukuran dan cocok untuk dapur kecil. Lalu ada wastafel mangkuk ganda, yang memiliki dua mangkuk. Kombinasi ini menawarkan lebih banyak pilihan untuk memasak, mengeringkan, dan mencuci piring. 

Tentu saja, bak cuci seperti itu akan cukup besar dan harganya lebih mahal daripada bak cuci piring tunggal. Kamu juga harus mempertimbangkan bahwa berbagai konfigurasi dimungkinkan, termasuk wastafel biasa dan mangkuk yang lebih kecil, dua mangkuk dengan ukuran yang sama, atau dua atau lebih wastafel terpisah.

Jenis instalasi: wastafel overhead.

Wastafel ini adalah jenis yang paling umum dari semuanya. Mereka masuk ke dalam lubang pra-potong di meja dan memiliki tepi lebar untuk menopangnya.

 Mereka sangat mudah dipasang dibandingkan dengan jenis lainnya. Namun, fakta bahwa pelek wastafel terbuka membatasi keserbagunaannya dan juga berarti lebih sulit dibersihkan.

Wastafel built-in

Wastafel undermount terpasang ke bagian bawah meja dengan klem khusus, tetapi juga dapat didukung dari bawah dengan desain kabinet bawah. 

Wastafel ini memakan lebih sedikit ruang dibandingkan dengan wastafel yang dipasang di atas karena tepinya tidak terlihat. Mereka mudah dibersihkan dan terlihat sangat modern. Pada saat yang sama, mereka biasanya lebih mahal.

Siram wastafel

Ini adalah jenis wastafel dapur yang paling mahal dan juga yang paling bermasalah. Dalam kasus mereka, permukaan meja mengalir dengan lancar ke wastafel, sehingga tidak ada tepi atau perubahan material yang terlihat, dan transisinya mulus. 

Ini membuat wastafel sangat kompak dan mudah dibersihkan. Namun, wastafel ini sulit ditemukan dan harus dipesan dengan countertop.

Tags

Share this on:

Related Post